• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Usai Dilantik, Bupati Definitif Talaud Pastikan Kembali Bangun Komunikasi Dengan Gubernur Sulut

26 February
13:13 2020

KBRN, Jakarta: Setelah lebih dari satu tahun tak kunjung dilantik oleh Gubernur Sulawesi Utara. Pasangan terpilih Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud  pada Pilkada 2018, Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga, akhirnya dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Kendati sempat memiliki perbedaan pandangan akan pelaksanaan proses pelantikan, usai dilantik di gedung Kementerian Dalam Negeri, Bupati terpilih Kepulauan Talaud, Elly Engelbert mengatakan akan langsung membangun komunikasi dengan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Kepada Reporter RRI dan sejumlah awak media yang menantikan proses pelantikan tersebut Elly menjelaskan, upaya pembangunan komunikasi tersebut yakni dengan melaporkan bahwa dirinya telah secara resmi dilantik oleh Mendagri Tito, serta akan melakukan komunikasi bimbingan dalam membangun Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Sebagai Gubernur, beliau itu adalah pemimpin kami di Sulawesi Utara. Jadi langkah kami yang pertama adalah kami tetap mencoba untuk membangun kembali hubungan ini menjadi lebih baik. Yang pasti kami akan datang ke beliau untuk melaporkan bahwa kami telah dilantik oleh pemerintah pusat, oleh bapak Mendagri, dan kami akan minta bimbingan dan arahan beliau sebagai gubernur Sulawesi Utara, dalam melaksanakan tugas di Kabupaten Talaud," ujar Elly Engelbert di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta (26/2/2020).

Lebih lanjut, Bupati Kepulauan Talaud, Elly Engelbert juga memastikan bahwa perselisihan perbedaan pandangan antar dirinya dengan Olly Dondokambey tidak akan merusak tatanan pemerintahan antara Kabupaten dengan Provinsi, tanpa melihat kembali duduk persoalan antara Gubernur Sulut dengan Bupati Talaud.

"Ya itulah yang kami maksudkan bahwa kami akan mencoba (memastikan) menjaga dan memperbaiki dan membangun hubungan yang baik dengan Gubernur Sulawesi Utara, apapun latar belakang yang ada," tambahnya lagi.

Sementara itu, tidak hadirnya Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dalam acara pelantikan Elly Engelbert dan Moktar Arunde Parapaga, lebih lanjut Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Elly menguangkapkan tidak mempersoalkan ketidak hadiran Gubernur Sulawesi Utara.

"Beliau tidak datang dalam pelantikan, mungkin aja ada halangan. Dan kami yang akan datang kesana untuk menghadap beliau," pungkas Elly Engelbert.

00:00:00 / 00:00:00