wisata

Diskon Tiket Pesawat 50 Persen, ASITA Optimis Turis Domestik ke Bali Meningkat

Oleh: Ni Putu Nirawati Editor: Mosita Dwi Septiasputri 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat

KBRN, Denpasar: Kebijakan Pemerintah memberikan diskon tiket pesawat mencapai 50 persen menuju sejumlah destinasi wisata di Indonesia mendapat respon positif dari Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Bali.

Sekretaris Umum DPD ASITA Bali Putu Winastra kepada RRI mengaku optimis kebijakan tersebut mampu mendongkrak kunjungan turis domestik ke Pulau Dewata di tengah geger virus corona dan situasi low season saat ini.

“Pemberian diskon kepada calon wisatawan domestik tentunya akan memberikan kemudahan-kemudahan kepada turis domestic untuk bepergian ke Bali," ujarnya kepada RRI di Bali, Rabu (26/2/2020).

Winastra mengatakan selama ini harga tiket pesawat domestic jauh lebih mahal dibandingkan tiket ke luar negeri. Hal itu menyebabkan turis domestik memilih liburan ke luar negeri dibandingkan di negeri sendiri. Namun diakui atau tidak, di saat kondisi pariwisata Bali terganggu justru penyelamat utama yang diandalkan adalah kunjungan wisatawan dalam negeri yang potensinya cukup besar mencapai 8 juta orang.

“Wisatawan domestik ini adalah satu-satunya pasar yang bisa diandalkan untuk menunjang pariwisata Bali pada saat-saat krusial," tegasnya.

Sekum DPD ASITA Bali itu mengatakan hingga kini dirinya masih menunggu surat resmi penerapan kebijakan diskon tiket pesawat tersebut. Namun bila itu terealisasi, ia meyakini Bali akan diserbu wisatawan domestik terutama dari daratan Jawa seperti Jakarta, Bandung maupun Surabaya.