• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Siap-siap! Yayasan KEHATI Kembali Helat KEHATI Award 2020

26 February
15:32 2020

KBRN, Jakarta : Mengapresiasi upaya penyelamatan lingkungan baik individu maupun kelompok, Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) kembali menggelar KEHATI Award.

Direktur Komunikasi dan Kemitraan Yayasan KEHATI, Rika Anggraini mengatakan, penghargaan KEHATI Award merupakan bentuk penghargaan tertinggi terhadap usaha keras oleh individu ataupun kelompok untuk mengurangi kerusakan alam. Sehingga keanekaragaman hayati dapat terus lestari.

"Penghargaan ini sejalan dengan mandat United Nations Decade on Biodiversity, yang diluncurkan oleh PBB. Dimana PBB menghendaki kesadaran pentingnya keanekaragaman hayati menjadi perhatian utama seluruh komponen bangsa," terang Rika dalam dialog interaktif Pro3 RRI, Rabu (26/2/2020).

Rika menambahkan, untuk KEHATI award yang telah diselenggarakan sejak tahun 2000 ini, bertujuan untuk peningkatan pemahaman pentingnya keanekaragaman hayati yang dilestarikan dan dimanfaatkan secara bijak dan berkelanjutan.

"Tujuan lainnya adalah untuk menumbuhkan dan mendorong minat seluruh komponen bangsa Indonesia agar lebih peduli, mencintai dan mengambil peran dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati. Ini juga memacu semangat pada mereka yang aktif dalam berbagai kegiatan yang menunjang pelestarian keanekaragaman hayati," jelasnya.

Selanjutnya Rika mengatakan, penghargaan akan diberikan dalam enam kategori. Yakni Prakarsa KEHATI, Cipta Kehati, Pamong Kehati, Inovasi Kehati, Citra Kehati, dan Tunas Kehati. Penghargaan diberikan mulai dari kepala daerah hingga kelompok remaja.

"Penghargaan diberikan pada kelompok swadaya masyarakat. Selanjutnya para bupati dan mungkin juga kepala dinas yang dalam kepemimpinannya mendorong kelestarian hayati. Kami juga mencari para peneliti, mungkin dosen di Universitas. Selanjutnya pada seniman, budayawan, juga teman wartawan dan media, yang dengan karyanya bisa menggugah masyarakat luas tentang hayati, juga pada unit usaha kecil dan menengah yang memanfaatkan hayati yang berkelanjutan, serta kelompok mahasiswa, kelompok remaja, yang memiliki kepedulian dengan gerakan ini," paparnya.

"Untuk pendaftarannya sebenarnya telah kitabuka dari Bulan Januari. Jadi bisa masuk ke website kami yakni https://www.kehati.or.id/kehatiaward/. Di dalamannya ada formulir, ada panduan teknis bagaimana cara pendaftarannya. Kami tunggu sampai tanggal 31 Maret 2020," pungkasnya.

00:00:00 / 00:00:00