• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Cegah Kriminalitas, Kapolsek Bukittinggi Minta Aktifkan Kembali Kegiatan Ronda

26 February
18:32 2020

KBRN, Bukittinggi : Tidak nyamannya situasi Kamtibmas menyebabkan pihak kepolisian di wilayah hukum Polres Bukittinggi waspada, hal ini sebagai bentuk antisipasi agar masyarakat merasa aman di lingkungan tempat tinggalnya.

Seperti di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Bukittinggi, petugas piket tampak selalu waspada dan melayani setiap laporan yang disampaikan masyarakat, serta Kapolsek Kota Bukittinggi AKP Dedy Adriansyah Putra juga mengingatkan anggotanya untuk menjaga situasi Kamtibmas.

Kepolisian Sektor (Polsek) Kota Bukittinggi, meminta kepada masyarakat untuk mengaktifkan kembali kegiatan ronda di setiap Kelurahan.

Kapolsek Kota Bukittinggi, AKP Dedy Adriansyah Putra, Rabu (26/2/2020), menjelaskan, pengaktifan kembali ronda malam tersebut, merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi tindak kejahatan di lingkungan masyarakat, baik itu siang hari maupun malam hari, karena tindak kejahatan kapan saja dapat terjadi.

“Untuk menjaga lingkungan dari tindak kejahatan tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak kepolisian namun juga masyarakat, karena tidak setiap saat pihak keamanan bisa memantau kondisi lingkungan tempat tinggal,” terangnya.

Menurut Dedy Adriansyah Putra, pihak Polsek Kota Bukittinggi mengingatkan masyarakat untuk sama-sama saling membantu dalam menjaga lingkungan tempat tinggal, dari aksi kejahatan yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, serta seluruh warga dalam satu wilayah.

“Kami mengimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, karena akhir-akhir ini banyak masyarakat yang menjadi korban kejahatan, mulai dari aksi curat, curas maupun curanmor. Dimana pelaku kejahatan tidak segan melukai korban,” ulasnya.

Pihak Polsek Kota Bukittinggi juga meminta kepada masyarakat terutama kaun hawa untuk tidak terlalu mencolok jika bepergian seperti tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan yang dapat  mengundang niat buruk pelaku. 

"Jika meninggalkan rumah tidak berpenghuni pastikan kondisi rumah sudah di cek serta menyimpan barang berharga ditempat yang aman," jelasnya.

Dedy Adriansyah Putra menambahkan, khusus kendaraan bermotor hendaknya diparkirkan di tempat yang dirasa aman, dan jangan lupa untuk mengunci kendaraan, karena dengan seketika jika lengah kendaraan yang sedang terparkir bisa hilang dibawa maling.

00:00:00 / 00:00:00