sigap

Polisi : Penculikan Anak Tidak Seperti yang Diisukan untuk Diambil Organ Tubuh

Oleh: Amelia Hastuti Editor: 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat

KBRN, Cimahi :  Isu penculikan anak di Cimahi marak, diantaranya penculikan anak di Jalan Cisangkan Padasuka Cimahi, yang menyebar di media sosial dan WA grup hingga membuat resah masyarakat.

Bahkan menurut rekaman suara yang beredar menyebutkan, peristiwa penculikan anak itu terjadi Rabu pagi sekitar pukul 07.00 WIB di depan Gang Bidan Delima Cisangkan Padasuka, dan pelakunya sudah ditangkap oleh warga dan sekarang diproses di Polsek Cimahi.

Kapolsek Cimahi Kompol Saidina B Mahdun Ketika dikonfirmasi RRI, Rabu (27/2/2020) membenarkan, pihaknya saat ini menangani satu kasus penculikan anak tetapi kejadiannya bukan di Jalan Cisangkan Padasuka Kota Cimahi.

"Kasus penculikan itu terjadi tanggal 21 Februari lalu sekitar pukul 13.30 di Jalan Pesantren Gang Mutisah RT05/RW07 Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, dengan korban atas nama Fathan Vajra De Arjuna usia 4 tahun," ujar Kapolsek saat ditemui RRI di kantornya sore tadi.

Menurut Kapolsek, saat itu korban sedang main sendirian dan didatangi pelaku yang mengendarai sepeda motor dan ditawari ikut jalan-jalan ke gunung rekreasi. Kemudian Fathan dibawa naik motor didepan dan disuruh jongkok, dengan tujuan agar tidak dilihat oleh teman-temannya atau orang lain," tuturnya.

BACA JUGA: Isu Penculikan Anak, Pemkot Minta Masyarakat Tak Panik

Setelah korban dibawa keliling-keliling dari Jalan Pesantren ke Jalan Budi, Jalan Amir Machmud, Mahar Martanehara, Jalan Industri hingga Jalan Babakan Kidul RT01/RW04 Kelurahan Cigugur Tengah.

"Saat di Cigugur Tengah karena capek akhirnya anak itu berdiri, sehingga tersangka ketakutan akhirnya korban ditinggalkan. Saat kebingungan dan menangis anak tersebut dihampiri oleh pengemudi ojek online dan diantarkan sampai depan rumahnya sekitar pukul 14.30 WIB. Setelah itu kedua orang tua korban, yakni Yusuf dan Iin, membuat laporan pengaduan ke Polsek Cimahi," papar Kapolsek.

Dari hasil pengembangan laporan tersebut, penyidik akhirnya berhasil menangkap tersangka pelaku M.Jafar Sidiq (21) warga Jalan Raden Ganda, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.

Sementara Kapolres Cimahi AKBP Mochammad Yoris Maulana Yunus Marzuki ketika dikonfirmasi RRI tadi sore membenarkan ada kasus penculikan anak yang bermotif pribadi tidak seperti yang diisukan dan masih terus didalami oleh penyidik untuk memastikan motif yang sebenarnya.

"Kepada masyarakat tidak perlu takut, selalu waspada menjaga anak-anaknya terutama di tempat keramaian, selalu melihat anaknya dan memperhatikan," ujarnya.

Sampai saat ini, kejadian penculikan tidak seperti yang diisukan (untuk pengambilan organ tubuh).

"Masih aman, laporan hanya satu dan memang kita masih mendalami kasusnya," pungkasnya.