• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Bekuk Shan United, PSM Jaga Peluang Lolos Grup H Piala AFC

26 February
19:15 2020

KBRN, Jakarta : PSM Makassar berhasil meraih kemenangan atas Shan United pada laga kedua babak penyisihan Grup H Piala AFC 2020. Kemenangan itu menjaga peluang PSM untuk bisa lolos dari grup. 

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Madya, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (26/02/2020), tim berjuluk Juku Eja itu berhasil menagalahkan tim asal Myanmar tersebut dengan skor 3-1. 

Tiga gol kemenangan tim kebanggaan masyarakat Makassar itu diciptakan oleh Giancarlo Lopes Rodrigues (3’), Yakob Sayuri (53’) dan Ferdinand Sinaga (90+5’). Sedangkan satu satunya gol tim tamu dicetak oleh Htet Phyo Wai (78’). 

Membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa melaju babak selanjutnya PSM Makasssar langsung tancap gas dalam laga ini. Terbukti waktu baru berjalan 3 menit, Giancarlo langsung mencetak gol dan membuat PSM Makassar unggul 1-0.

Meski PSM terus melakukan berusaha untuk menambah keunggulan namun upayanya selalu gagal. Hal serupa juga dialami oleh tim tamu, peluang-peluang Shan United selalui menemui jalan buntu.

Hinggga akhir skor 1-0 untuk kemenangan PSM bertahan hingga turun minum. 

Babak kedua baru berjalan delapan menit, PSM berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini, Yakob Sayuri yang mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan tarik Leo Guntara. 

Akan tetapi, tim tamu memperkecil kedudukan lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilakukan Htet Phyo Wai  pada menit ke-78.

Saat laga hampir diperkirakan selesai, Ferdinand Sinaga membuat kejutan dengan mencetak gol ketiga bagi PSM di laga tersebut.

Ferdinand mencetak gol pada menit ke-90+5 usai menerima umpan Yakob Sayuri. Skor 3-1 bertahan hingga laga usai. 

Dengan kemenangan ini, membawa PSM meraih tiga poin pertamanya di Grup H Piala AFC 2020. Kemenangan ini juga sekaligus menjaga peluang PSM lolos dari grup, setellah di laga perdana mereka kalah 1-2 dari wakil Singapura Tampines Rovers.

Selain itu, kemenangan ini juga untuk sementara membuat PSM menemapti peringkat kedua Grup H, jumlah yang sama seperti Kaya-Iloilo yang berada di puncak klasemen dan Tampines Rovers yang tergeser ke peringkat ketiga.

Namun, posisi PSM Makassar masih mungkin bergeser mengingat dua tim dengan jumlah poin yang sama itu baru akan bertanding pada Rabu malam.

Susunan Pemain 

PSM Makassar: Miswar Saputra; Asnawi Mangkualam Bahar, Hussein El Dor, Dedy Gusmawan; Rizky Pellu, Bayu Gatra, Leo Guntara, Ahmad Agung Setia Budi; Osas Saha, Yakob Sayuri, Giancarlo Rodriguez

Pelatih: Bojan Hodak

Shan United: Thiha Sithu; Nyein Chan, Ye Min Thu, Hein Thiha Zaw, Nanda Kyaw, Tagoe Daniel Nii Armah, Hein Phyo Win; Djedje Maximin Djawa, Pyae Sone Aung, Yan Naing Oo, Yakubu Abubakar

Pelatih: Aung Naing

00:00:00 / 00:00:00