• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Disdukcapil Kota Bandung Luncurkan Empat Aplikasi

26 February
19:29 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bandung : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung meresmikan inovasi baru yakni Pemuda (Pemuktahiran Data Kependudukan Mandiri), Adu Cepat (Pengaduan Untuk Cek Pemanfaatan Data), Geulis (Gerai Untuk Layanan Istimewa) dan ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri). 

Sekertaris Daerah Kota Bandung,(Sekda) Ema Sumarna mengatakan, Inovasi ke empat layanan tersebut supaya semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik. Apalagi, layanan dasar ini amat penting dalam mengakses layanan pemerintah lainnya, seperti bantuan kesehatan, pendidikan, hingga sosial.

Selain itu dikatakan Ema, aplikasi pemuda merupakan sistem layanan online yang menyediakan ruang akses bagi masyarakat dalam melakukan updating data penduduk secara mandiri berbasis website atau mobile.

"Di dalamnya, memuat form pemuktahiran elemen data kependudukan yang bersifat dinamis, mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, agama, pendidikan, Jenis Kelamin, pekerjaan, golongan darah dan status perkawinan," ujar Ema di Metro Indal Mall, kota Bandung, Rabu (26/2/2020).

Sedangkan Adu Cepat merupakan sistem yang diterapkan di lembaga pengguna yang memanfaatkan data kependudukan pada layanan publik untuk mengatasi data kependudukan yang bermasalah. Sehingga masyarakat mendapatkan kepastian waktu untuk memperbaiki datanya. 

Ada pun Geulis merupakan layanan yang mengakomodir kebutuhan masyarakat di tengah berbagi kesibukan yang melayani setiap hari kerja bahkan pada Sabtu dan Minggu.

Sedangkan ADM merupakan mesin atau perangkat layanan cetak dokumen kependudukan seperti KTP elektronik, Kartu Keluarga, akta kelahiran, surat pindah dan sebagainya. 

"Sangat mengapresiasi hadirnya inovasi-inovasi tersebut. Hal itu menjadi bukti bahwa pemerintah memberi kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan administrasi kependudukan," paparnya.

Menurut Ema, peresmian ini menjadi simbol bagi pemerintah yang terus memperhatikan masyarakat dalam memberikan kemudahan administrasi. 

"Ini hanya simbol saja, tentunya harus lebih masif, bahwa proses layanan ini lebih cepat dan lebih mudah. Dengan gerai ini yang secara kuantitas ditambah fasilitasnya ditambah ada ADM itu luar biasa," katanya. 

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni mengunkapkan, inovasi tersebut untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan administrasi kependudukan. 

"Sebagai acuan, kami juga ingin meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang telah berada di sekitar 82%," ujarnya. 

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Direktorat Jendral Dukcapil Kemendagri RI, I Gede Suratha pun mengapresiasi hadirnya inovasi tersebut.

Menurutnya, setiap inovasi yang hadir wajib memberikan kemudahan bagi masyarakat, terlebih lagi mengenai pelayanan administrasi kependudukan. 

"Ini menunjukkan terobosan luar biasa. Contohnya di DPRD Kota Bandung, tempat masyarakat menyampaikan aspirasi sekaligus gerai pelayanan. Ini sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan," imbuhnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00