• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Rumah Warga di Sekitar DAS Kreung Breugang Aceh Utara Rawan Abrasi

27 February
00:51 2020

KBRN, Lhokseumawe : Sejumlah rumah warga di Desa Cot Setui yang berada di seputaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Kreung Breugang, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, terancam abrasi karena taluk penahan tebing sungai telah rusak sepanjang 150 meter.

Kalaksa BPBD Kabupaten Aceh Utara melalui Kasi Rekonstruksi, Amsaluddin, membenarkan ancaman abrasi tersebut, bahkan pihaknya sudah meninjau lokasi untuk melihat langsung penyebab kerusakan serta meninventarisir kerusakan rumah warga di seputaran DAS Kreung Breugang. 

“Ada empat rumah warga yang terancam ambalas ke sungai, satu di antaranya rumah milik Zulkifli, itu di mana sebagian teras halaman belakang rumahnya telah longsor ke sungai,“ terang Amsaluddin, Rabu (26/2/2020). 

Ia menambahkan, tindak lanjut pasca melakukan survei ke lokasi kejadian, pihak BPBD setempat akan melakukan penghitungan kerugian dan kerusakan, di mana kerugian adalah rumah milik warga dan kerusakan infrastruktur berupa tebing sungai nantinya dilaporkan kepada dinas terkait. 

“Kita akan hitung, kalau kerugian itu rumah warga dan kerusakan tebing sungai, kami telaah agar tidak tumpang tindih, agar Dinas PU mengambil langkah rehabilitasi kerusakan tebing sungai Kreung Breugang, Kecamatan Kuta Makmur," ujar Amsaluddin. 

00:00:00 / 00:00:00