tanggap-bencana

Angin Ribut Terjang Klaten, Puluhan Pohon Tumbang Rumah Warga Rusak

Oleh: Adam Sutanto Editor: Nugroho 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat

KBRN, Klaten : Hujan deras disertai angin ribut  melanda di sejumlah wilayah di Kabupaten Klaten Rabu (26/2 /2020) sore. Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 15.30 WIB. Akibatnya puluhan pohon tumbang yang menutup akses jalan dan juga sejumlah rumah tertimpa pohon.

Kepala Seksi Kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Klaten, Yuwana Haris  kepada RRI mengungkapkan, peristiwa bencana alam angin ribut tersebut  terjadi di empat Kecamatan.  Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

“Angin di empat kecamatan mas, Kecamatan Delanggu, Juwiring , Wonosari dan Kecamatan Pedan tersebar di tujuh Desa," ungkap Yuwana Haris.

Data sementara dampak  dari peristiwa angin  ribut tersebut dua bangunan tempat usaha rusak dan empat rumah penduduk mengalami kerusakan sedang dan ringan.

Upaya penanganan dilakukan  dari berbagai unsur  seperti BPBD, Banser, Relawan Muhamadiyah, TNI Polri serta unsur relawan lainnya. "Temen -teman  relawan hingga malam ini masih melakukan penanganan," kata Haris

Sementara Wakil ketua bidang penanganan bencana PMI Kabupaten Klaten Bambang Giyanto  ketika dikonfirmasi RRI mengungkapkan, sebanyak enam personil PMI juga diterjunkan ke lokasi bencana. Pihaknya ingin membantu masyarakat  mengatasi pohon tumbang dan juga rumah yang tertimpa pohon.

"Kita juga  menerjunkan tim penanganan bencana sebanyak enam personil kita  terjunkan ke lokasinya," ungkap Bambang Giyanto.

Kerugian akibat  peristiwa itu masih dalam perhitungan pihak petugas. Selain  itu juga yang belum selesai penanganan akan dilanjutkan Kamis (27/2/2020).