• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jokowi: Indonesia Hargai Keputusan Arab Saudi Soal Umroh

27 February
11:29 2020

KBRN, Jakarta : Pemerintah Indonesia menghargai keputusan yang diambil oleh pemerintah Arab Saudi, yang untuk sementara waktu menghentikan perjalanan ibadah umroh. Penghentian sementara ibadah perjalanan umroh ini disebabkan wabah virus Corona yang sudah menginfeksi beberapa negara, selain Tiongkok. 

Presiden Joko Widodo berpandangan, keputusan yang diambil oleh pemerintah Arab Saudi tersebut semata-mata karena ingin memberi perlindungan kepada warganya.

“Pertama, itu kebijakan dari pemerintah Arab Saudi. Kita menghargai, kita menghormati. Karena apapun yang namanya kesehatan itu memang dinomorsatukan oleh pemerintah Arab Saudi, kita sangat menghargai itu,” jelas Presiden ketika ditemui di Jakarta pada Kamis (27/02/20).

Kepala Negara mengatakan, dirinya belum berkomunikasi lebih lanjut dengan pemerintah Arab Saudi perihal penghentian sementara ibadah umroh ini.

“Belum. Saya baru dapat (informasi penghentian umroh) kemarin,” tambah Presiden menjelaskan.

Presiden Jokowi berujar, bahwa keputusan ini tidak hanya untuk Indonesia saja, karena juga berlaku untuk negara-negara lain.

“Saya kira ini tidak hanya untuk Indonesia, untuk semua negara yang karena mereka (Arab Saudi) ingin memproteksi, melindungi warga negaranya dari virus Corona. Kita sangat menghargai itu,” pungkas Presiden. 

Selain Indonesia, ada 21 negara lain yang ditolak masuk ke Arab Saudi, diantaranya Tiongkok, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, dan Iran.

00:00:00 / 00:00:00