• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

DKP Malut Keluarkan Hasil Sementara Uji Organoleptic Ikan Mati Mendadak

27 February
12:11 2020

KBRN, Ternate: Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Kelutan dan Perikanan (DKP) terus melakukan uji sampel air dan ikan baik yang ada di wilayah Ternate maupun Pulau Makian Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) pasca ditemukannya ikan mati mendadak dan perubahan warna air di permukaan laut.

Hal tersebut disampaikan Kepala DKP Malut, M Buyung Radjiloen saat dikonfrimasi RRI, Kamis (27/2/2020).

Uji laboratorium air dan ikan baik di Ternate maupun Makian itu menurutnya, dilakukan di laboratorium mutu ikan perikanan Bastiong, Kecamatan Kota Ternate Selatan secara organoleptic, mikro dan kimia.

Untuk hasil organoleptic sementara yang dikeluarkan laboratorium mutu ikan Bastiong Ternate kata Buyung, ikan yang ditemukan mati mendadak masih dengan kondisi ikan yang bagus dan bola mata yang masih bersih.

“Dari hasil sementara, bola mata ikan jernih, insang masih merah segar, sisik juga utuh, daging kompak (padat), isi perut tidak hancur, makan yahasil uji ini belum bisa kita simpulkan,”ungkap Buyung.

Meski begitu Buyung mengaku, untuk lebih memastikan kematian ikan secara mendadak tersebut, pihaknya masih akan melakukan uji laboratorium secara mikro dan kimia yang dilakukan di Jakarta.

“Disini alatnya terbatas makanya tadi sudah saya perintahkan tim untuk langsung kirim ke Jakrata, karena alat disana sangat lengkap, dan uji itu nantinya akan mengetahui bakteri di ikan tersebut” tuturnya.

Buyung juga mengemukakan, selain memnguju ikan yang mati mendadak, air laut yang berubah warna juga di uji.

“Yang pasti semuanya tunggu hasil leb, makanya saya belum bisa komentar,” katanya.

Kepada seluruh masyarakat baik di Ternate maupun di Makian untuk sementara jangan dulu mengkonsumsi ikan yang mati mendadak sambil menunggu hasil uji laboratorium di keluarkan.

“Alangkah baiknya jangan dulu dikonsumsi dan silahkan konsumsi ikan tangkapan hasil nelayan saja,” pungkasnya.

00:00:00 / 00:00:00