daerah

Arab Saudi Hentikan Pelaksanaan Umroh, Gubernur Khofifah : Kita Mesti Menghormati

Oleh: Anik Hasanah Editor: Afrizal Aziz 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat
KBRN, Surabaya : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, meminta masyarakat menghormati dan menghargai keputusan Arab Saudi, yang akhirnya menghentikan sementara kedatangan jamaah umroh dari berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

Alasan yang dikemukakan Pemerintah Arab Saudi adalah, lantaran kekhawatiran atas merebaknya virus korona.

"Kita mesti menghormati seluruh pertimbangan-pertimbangan strategis dan pasti sangat komprehensif," ujarnya, Kamis (27/2/2020).

Khofifah menuturkan, kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Arab Saudi, menurutnya pastilah dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah, demi keamanan dan kenyamanan jamaah, khususnya dari segi kesehatan.

"Ini adalah wilayah negara penerima tamu Allah, dengan berbagai pertimbangan secara komprehensif untuk keamanan seluruh jamaah. Maka untuk sementara ditunda," tambahnya

Menurut Khofifah, memproteksi itu penting dan itu pasti sudah dengan pertimbangan-pertimbangan secara komprehensif sampai akhirnya pemerintah Arab Saudi menunda untuk pelaksanaan ibadah umrah dari berbagai negara tersebut.

"Kalau ndak kan ada virus tertentu itu kita diminta suntik gitu, format format seperti itu kan sudah menjadi satu keputusan internasional," tandasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara prosea ibadah umroh dari berbagai negara, lantaran kekhawatiran atas merebaknya virua korona. Namun, sampai kapan penghentian tersebut, sampai dengan batas belum ditentukan.