KBRN, Malang: Pemasaran produk secara online melalui marketplace menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan branding dan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Namun belum semua pelaku UMKM mengetahui cara memasarkan produknya lewat online.
”Kami ingin meningkatkan literasi pelaku UMKM atas perkembangan ekonomi digital baik dari segi e-commerce dan segi fintech,” kata Kepala KPwBI Malamg, Azka Subhan Aminurridho, Kamis (27/2/2020).
“Jadi ada peningkatan nilai tambah UMKM untuk naik kelass ebagai eksportir
”Nah, kami ikut berupaya bagaimana menyiapkan UMKM yang punya potensi ini, karena jika pemasaran lewat online, tentunya akan semakin berkembang karena marketnya terbuka lebar, termasuk mengajari bagaimana sistem pembayaran non tunai,” ujarnya.
Bagi Azka, sebenarnya pemasaran produk secara online ini sangatlah mudah. Pelakunya tidak perlu memiliki toko secara fisik, namun hanya perlu memiliki platform digital di marketplace.
”Tetapi kadang ada UMKM yang pengelolanya tidak ada kaum milenialnya. Kalau begini, yang tua harus mau belajar dengan anak milenial yang paham tentang pemasaran online ini,” tandasnya.