daerah

Baznas Sumedang Segera Luncurkan Program Senyum Seribu Dhuafa

Oleh: Editor: Afrizal Aziz 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat
KBRN, Sumedang : Ayi Subhan Hafas yang telah dilantik sebagai Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kab. Sumedang periode 2019-2024 pada (27/1/2020) lalu di Gedung Negara (GN) oleh Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, mengaku akan berupaya seoptimal mungkin agar Baznas dibawah kepemimpinannya akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Saya bersama 4 orang Wakil Ketua yakni, Rahwan Sanusi, yang membidangi pengumpulan zakat, Dr. R Asep Hamdan bidang Pendistribusian Pengelolaan Zakat, Junan Junaedi sebagai Bidang Perencanaan, Keuangan juga Pelaporan serta Budi Solihin dibidang Sumber Daya Amil Zakat dan Umum, bertekad agar tingkat kepercayaan masyarakat Sumedang kepada Baznas kian meningkat," ujarnya kepada RRI, Kamis (27/2/2020).

Kendati demikian, sambung Ayi, pihaknya juga akan melanjutkan berbagai program unggulan pada kepemimpinan Baznas sebelumnya seperti, program "Serbu Desa". Namun, di awal kepemimpinannya, Baznas Sumedang akan meluncurkan program "Senyum Seribu Dhuafa".

"Program serbu desa masih tetap berlanjut dan diharapakan program Senyum Seribu Dhuafa yang akan kami luncurkan pada April 2020 nanti dapat disambut dengan baik oleh masyarakat, dimana, dalam program ini target kami akan menyalurkan dana zakat kepada 1.000 fakir miskin di Sumedang secara bertahap dengan syarat tidak tercatat dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kemensos RI," jelasnya.

Rencananya, terang Ayi, program Senyum Seribu Dhuafa tersebut akan di lounching bertepatan dengan hari jadi Sumedang nanti.

"Melalui program Senyum Seribu Dhuafa ini, kedepan dana zakat untuk fakir miskin akan didistribusikan setiap awal bulan," terangnya.

Dikatakan Ayi, dengan adanya program Senyum Seribu Dhuafa, diharapkan Baznas Sumedang semakin profesional dan lebih optimal menjalankan tugas fungsi Baznas dalam merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, melaporkan, juga mempertanggungjawabkan pelaksanaan pengumpulan, pendistribusian serta pendayagunaan zakat di Sumedang.

"Berbagai program Baznas yang dilaksanakan, sejatinya akan membuahkan hasil maksimal dengan cara berkolaborasi dan bersinergi dengan sejumlah pihak terkait. Selain itu, Baznas juga ikut berperan dalam mendukung terwujudnya visi Bupati yakni, "Sumedang Simpati" (Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional dan Kreatif)," pungkasnya.