• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

GA Waspadai Dampak Larangan Jemaah Umrah Indonesia ke Arab Saudi

27 February
15:54 2020

KBRN, Jakarta : Maskapai Garuda Indonesia (GA) langsung merespons keputusan yang diambil Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang secara resmi mengumumkan penutupan sementara negaranya dari kedatangan jemaah umrah yang berasal dari seluruh dunia termasuk diantaranya Indonesia.

Pemerintah Arab Saudi berdalih bahwa keputusan tersebut merupakan suatu langkah antisipasi atau sebagai upaya pencegahan terkait penyebaran wabah Virus Corona.

Sementara itu hingga saat ini Coronavirus dilaporkan sudah menyebar kemana-mana diantaranya ke Iran, Jepang, Korea Selatan, Italia dan tentu saja China (Tiongkok). 

Baca juga : Biro Umrah Terpukul dengan Kebijakan Arab Saudi Soal Larangan Umroh

PT. Garuda Indonesia Persero) menyebut pelarangan terbang ke Arab Saudi itu ibaratnya sebagai suatu pukulan bagi maskapai garuda. Padahal sebelumnya Garuda terpaksa telah menutup atau mengurangi frekuensi jadwal penerbangan ke luar negeri karena akibat dampak Coronavirus. 

“Informasi itu tadi kami terima merupakan pukulan baru lagi yaitu terkait umrah, dimana Saudi Arabia menutup kunjungan umrah, dan membatasi kunjungan ke Masjid Nabawi," kata Direktur Utama (Dirut) PT. Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Kantor Garuda, Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Menurut Irfan, Garuda saat ini sedang berusaha melakukan komunikasi dengan berbagai pihak terkait lainnya. Garuda meminta kejelasan terutama terkait nasib ribuan calon jamaah yang sudah terlanjur atau memiliki visa umrah.

"Kami masih melakukan komunikasi dan mempertanyakan bagaimana dengan mereka yang sudah memiliki visa umrah dan memiliki jadwal berangkat. Kewajiban kami (Garuda) temen-temen yang sedang beribadah umrah dan jadwal pulang untuk tetap pulang. Kita lagi pikir cara terbaik untuk semua pihak," pungkas Irfan.

00:00:00 / 00:00:00