• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Saudi Larang Umroh, Anggota DPR Minta Pemerintah Bikin Program

27 February
16:18 2020

KBRN, Jakarta : Anggota Komisi VIII DPR RI, Nanang Samodra mendesak pemerintah membuat program terkait antisipasi agar jamaah haji dan umroh asal Indonesia tidak terpapar virus novel corona.

Hal itu dia ungkapkan saat interupsi dalam rapat paripurna DPR RI. Pasalnya, saat ini pemerintah Arab Saudi untuk sementara telah melarang muslim dunia menjalankan ibadah umroh. 

"Saat ini kita ketahui bersama tengah merebak penanganan epidemi virus corona (Covid 19) yang begitu menghebohkan seluruh dunia. Saat ini jemaah umroh di Arab Saudi per hari ini tidak boleh lagi orang masuk ke Arab Saudi sehubungan dengan penyakit tadi," katanya di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Padahal menurut dia, per tahunnya, jemaah umroh dari tanah air mencapai hampir 1 juta orang. Belum lagi jemaah haji yang jumlah per tahunnya hampir 221 ribu jiwa.

Untuk itu, dimintanya pemerintah membuat program penanganan dengan tidak hanya melibatkan Kementerian Kesehatan, tapi juga kementerian dan lembaga terkait lainnya.

"Karena sampai saat ini belum pernah terprogram dalam penanganan kesehatan bagi jamaah haji mendatang ini dalam menyikapi penyakit ini," pungkas politisi Partai Demokrat ini. 

Baca juga : Biro Umrah Terpukul dengan Kebijakan Arab Saudi Soal Larangan Umroh

00:00:00 / 00:00:00