• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Petrokimia Gresik Siap Beri Kejutan di Putaran Kedua Proliga 2020

27 February
16:33 2020

KBRN, Surabaya : Setelah sukses menggelar putaran pertama, yang berakhir tiga pekan lalu, Proliga 2020 memasuki babak baru yakni putaran kedua. GOR Tri Dharma, Gresik menjadi seri pembuka putaran kedua, 28 Februari hingga 1 Maret 2020. Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim (GJP), akan menjadi tuan rumah perhelatan tersebut.

Pada seri perdana putaran kedua ini merupakan batas akhir pergantian pemain. Tim yang belum memiliki pemain asing wajib menyertakan pemain impor di putaran kedua ini hingga akhir Proliga 2020. Tim yang akan mengganti pemain asing hanya diperbolehkan mengganti satu pemain asingnya. Sedangkan pemain domestik, setiap tim hanya boleh mengganti dua pemain. Akan tetapi, jika tidak mengganti pemain asing, maka tim tersebut boleh mengganti tiga pemain.

"Di putaran kedua hingga final, tidak ada lagi pergantian pemain. Kalau pelatih silakan saja. Tapi itupun tidak diperbolehkan pelatih dari tim yang menjadi peserta pindah ke tim lainnya," ucap Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, Kamis (27/2/2020).

Seluruh tim peserta Proliga 2020,kata Hanny, baik putra maupun putri, wajib memiliki pemain asing minimal satu pemain dan maksimal dua pemain. Pemain asing yang diturunkan dalam kompetisi wajib memiliki Kitas (Kartu Ijin Tinggal Terbatas) yang dikeluarkan Dirjen Imigrasi RI dan ITC (International Transfer Certificate) yang dikeluarkan FIVB. 

"Tanpa Kitas dan ITC, pemain asing tidak diperkenankan tampil. Kalau pelatih asing hanya perlu Kitas," tambah Hanny.

Pada putaran pertama lalu, GJP belum diperkuat pemain asing. Di putaran kedua ini, tim yang dipersiapkan Jawa Timur menghadapi PON Papua mendatang sudah diperkuat satu pemain asing, Ayana Jean Whitaker asal AS.

Meski tanpa pemain impor pada putaran pertama, Mediol Setovanny dkk. ini sempat menikmati satu kemenangan yakni dari Jakarta BNI 46 pada akhir putaran pertama di GOR PSCC Palembang.

"Saya senang kemenangan ini. Anak-anak bermain cukup baik," ujar pelatih GJP, Niu Guogang asal Tiongkok, usai kemenangan di ujung putaran pertama itu, tiga pekan lalu. (OA)

00:00:00 / 00:00:00