teknologi

Permudah Pekerjaan, Begini Layanan dan Fitur HR Software Talenta

Oleh: syariful alam Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:30 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta : Tak dapat dimungkiri, perkembangan teknologi terus mendorong batasan industri. Cepatnya perubahan yang terjadi menuntut perusahaan agar terus beradaptasi. Tidak tertinggal hal yang satu ini, sistem automatisasi payroll dan HR (Human Resource). Setelah jauh melewati masa pembukuan sebundel, lalu berubah menggunakan excel. Kini, aplikasi sudah hadir untuk sistem payroll dan HR yang diautomatisasi. 

PT. Mid Solusi Nusantara menghadirkan Talenta sebagai solusi bagi perusahaan yang ingin terus berinovasi. Talenta sebagai solusi tepat Software payroll dan HR untuk pertumbuhan bisnis yang lebih cepat. Aplikasi ini paham kebutuhan bisnis yang meninggalkan cara manual melalui penggunaan teknologi digital. Lalu apa saja layanan dan fitur dalam aplikasi Talenta?

Pertama, fitur sistem automatisasi payroll. Satu solusi untuk segala kebutuhan payroll perusahaan. Menghitung pembayaran BPJS, tunjangan, pajak dan berbagai komponen lainnya hadir dalam satu aplikasi. Dengan fitur seperti ini, tidak akan ada drama gaji telat. Perhitungan juga cepat dan akurat.

“Kita sangat suka dengan fitur payrollnya. Talenta bisa melakukan auto-calculation, apalagi jika perusahaan memiliki banyak komponen gaji seperti insentif, tunjangan dan lain-lain. Dengan Talenta, kita bisa menghitung dengan segampang itu," ucap Evan Tree, Head of People, Ninja Xpress sebagai testimoni dari penggunaan Talenta, Jumat (28/2/2020).

Kedua, sistem absensi, lembur dan cuti. Talenta menawarkan kemudahan pengajuan absensi, lembur dan cuti karyawan dengan fitur employee self-service dalam satu aplikasi. 

Fitur absensi di Talenta disebut dengan Live Attendance, ketika karyawan sudah sampai di kantor. Maka bisa clock in yang disertai dengan lokasi, jam, tanggal dan selfie. Ketika pulang, karyawan hanya perlu clock out. Ingat, fleksibilitas karyawan merupakan hal yang penting. Gaya hidup mobile first menjadi kunci kebutuhan yang harus terpenuhi. Bahkan, jika ingin hasil yang lebih presisi, mesin fingerprint siap diintegrasi dengan sistem absensi.

Lalu selanjutnya, fitur perhitungan lembur. Karyawan bisa mengajukan lembur di aplikasi dengan melakukan request overtime. Berikan tanggal lembur dan alasan. Tinggal menunggu approval, maka perhitungan lembur sudah masuk ke jadwal.

Kemudian fitur pengajuan cuti. Dalam aplikasi disebut time off. Karyawan hanya perlu request time off, lalu muncul beberapa tipe cuti seperti work from home, sick leave doctor note, cuti menikah hingga cuti melahirkan. Pilih tanggal, deskripsi, serta serahkan tugas maupun dokumen yang perlu di upload di aplikasi untuk menunjang pengajuan cuti.

“Ketika mengatur banyak sekali pekerjaan, otomatis kita perlu support yang betul-betul bisa memenuhi kebutuhan dasar karyawan. Di sini Talenta membantu banyak untuk kami tetap mempertahankan kebutuhan dasar dari setiap karyawan," kata Pusma Maslim, Chief of Happiness Resources, Alterra yang juga testimoni sebagai pengguna aplikasi Talenta.

Tentu saja, fitur-fitur seperti itu langsung masuk ke sistem dan pihak HR atau atasan yang akan memproses hal tersebut. Bukan hanya itu, dalam satu aplikasi juga terdapat juga fitur reimbursement untuk penggantian uang karyawan, fitur calendar untuk informasi karyawan cuti, ulang tahun dan event. Lalu fitur request shift untuk meminta perubahan shift oleh karyawan.

Segera tinggalkan sistem payroll dan HR lama, demi kemajuan bersama. Sekarang sudah zaman kalau segalanya dalam satu genggaman.