pilkada-2020

Kerja Berat, Pengawas Pilkada Dijamin Asuransi

Oleh: RISFAN BADRIAN Editor: Mosita Dwi Septiasputri 10 May 2020 - 11:29 kbrn-pusat

KBRN, Tanjungpinang; Petugas pengawas kecamatan (Panwascam) pada pemilihan  kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Lingga mendapatkan jaminan perlindungan diri dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Menginggat, intensitas pekerjaan yang berat oleh petugas Panwascam di daerah, mendorong dipenuhinya jaminan keselamatan para pelaksana selama bertugas.

“Seluruh paswascam di kabupaten lingga mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan kerja dan jaminan kematian,” kata Zamroni Ketua Bawaslu Lingga, Selasa (10/3/2020).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga, Provinsi KepulauanRiau Zamroni, menerangkan, Dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewajiban, sebagai pengawas tidak hanya dituntut bekerja sepenuh waktu, tapi juga tak kenal waktu. Karena pelanggaran itu terjadi tidak mengenal waktu baik siang, sore atau malam.

“Mengingat kerja-kerja pengawasan yang dilakukan tidak mengenal waktu dan sangat padat, jadi sudah sewajarnya jajaran pengawas adhoc mendapatkan perlindungan asuransi untuk memberikan jaminan jika terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Perlindungan asuransi yang diberikan ini, meliputi jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Dengan adanya perlindungan asuransi, Zamroni berharap hal ini dapat diiringi kinerja yang maksimal oleh seluruh jajaran pengawas adhoc di lingga.

“Sekarang untuk Panwascam udah kita daftarkan dan sudah aktif. Sedangkan untuk Panwas desa/kelurahan dan Pengawas TPS pada saat terbentuk nanti, BPJS Ketenagakerjaan langsung aktif setelah pelantikan,” imbuhnya.

Selain itu, Perlindungan asuransi BPJS Ketenagakerjaan ini diberikan bagi Ketua dan Anggota Panwascam, Panwas kelurahan/desa, dan Pengawas TPS sesuai dengan masa kerja masing-masing atau selama aktif sebagai pengawas adhoc.

Zamroni menilai, pentingnya menggandeng BPJS mengingat beban risiko kerja petugas penyelenggara pemilu cukup berat. Dirinya juga berharap kerja sama dengan BPJS bisa memberikan jaminan perlindungan sosial jika terjadi kecelakaan kerja maupun jaminan kematian.

Bawaslu akan menjamin BPJS ketenagakerjaan untuk petugas pengawas pemilu di tiap tingkatan,” pungkasnya.