pilkada-2020

Jelang Pilwali 2020, Elemen Masyarakat Surabaya Deklarasi 'Jogo Suroboyo'

Oleh: Benny Hermawan Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:29 kbrn-pusat
KBRN, Surabaya : Sejumlah elemen masyarakat di Kota Surabaya deklarasi "Jogo Suroboyo". Ini sekaligus upaya menjaga kondusivitas kota Pahlawan dipilkada serentak 2020.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho mengajak komponen masyarakat baik tokoh maupun warga untuk menyamakan persepsi untuk bersama bertekat menjaga Surabaya.

Ia menyebut saat ini ada pihak yang tidak senang Surabaya kondusif. Dalam artiaan dalam memperjuangan demokrasi ada yang memberikan kata-kata dengan baik atau kekerasan.

"Istilah itu mulai muncul dan ditampilkan di masyarakat yang menyemangati Pilwali yang akan dilaksanakan. Maka dari itu kami mengajak komponen warga masyarakat untuk sama sama untuk menjaga, mengelola dengan baik sehingga Pilwali lancar," ungkap Kombes Pol Sandi Nugroho dalam sambutannya, Selasa (10/3/2020).

Sandi menyebut Surabaya jadi rul model Pilkada, sebab sehatnya demokrasi Surabaya dilihat dari guyubnya warga. Ia juga mengapresiasi semua lini  yang berkomitmen menjaga Surabaya, tidak hanya elemen masyarakat tapi juga unsur pemerintahan dalam hal ini Pemkot, Kejaksaan, KPU hingga Bawaslu Surabaya.

"Tanpa bantuan semuanya tidak bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya," terangnya.

Sementara itu Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengapresiasi apa yang sudah digagas. Menurutnya apa yang menjadi gagasan bersama menjadi gayung bersambut.

"Jadi apapun yang terjadi dalam proses demokrasi baik penyampaian pendapat, pemilihan pemilu endingnya, mensejahterahkan kehidupan rakyat, kalau kemudian dampaknya distruktif itu tidak menjadi tujuan, sangat luar biasa inisiasi Kapolres, ini pintu awal menegakkan demokrasi," terangnya.

Hal senada juga disampaikan Usman Komisioner Bawaslu Surabaya. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya juga akan mengadakan deklarasi sebab dari tahapan semua menyelanggarakan hal sama. 

"Insyallah Bawaslu akan menyelenggarakan dan diikuti sosialisasi ditiingkat kelurahan," pungkasnya.