politik

Pertemuan PKS-Demokrat Semalam Mulai Petakan Koalisi di Pilkada

Oleh: Nugroho Editor: Nugroho 10 May 2020 - 11:29 kbrn-pusat

"Lebih spesifik kita menyoroti beberapa hal terkait agenda keparlemenan. Ada Omnibus Law jadi bahasan kita. Juga terkait Parliamentary Threshold (PT). Kemudian terkait Pilkada dan Corona," ujar dia, sebagaimana disampaikan dalam siaran pers yang diterima RRI, Jumat (13/3/2020).

Soal Pilkada, Sohibul Iman menyebut akan ada tindak lanjut dari kedua pihak untuk membicarakan peluang koalisi di beberapa tempat. 

Sohibul menyebutkan bahwa  penanggung jawab dari PKS dan Demokrat dalam Pilkada akan bertemu untuk sama-sama membuka peta di mana PKS dan Demokrat memiliki kekuatan.

"PKS secara khusus memberikan kebebasan koalisi di Pilkada ini dengan partai mana pun tergantung suasana kebatinan di wilayah itu.Kalau PKS memang nyaman di daerah itu dengan Demokrat, ya kita dorong," ujar dia.

Ia mengaku belum ada gambaran secara detail daerah mana saja PKS akan koalisi dengan Demokrat. Namun, PKS memberikan keleluasaan bagi pengurus di daerah untuk menjalin koalisi dengan partai lain termasuk Demokrat.

"Jika dengan partai lain silakan juga. Nah itu yang harus digali, di-scan. Diperiksa daerah mana yang PKS dan Demokrat itu bisa kerja sama dan melahirkan kemenangan," ungkap Sohibul.