tanggap-bencana

Antisipasi Covid-19, Personel Satpol PP Turut Dilibatkan

Oleh: Editor: 10 May 2020 - 11:29 kbrn-pusat

KBRN, Bukittinggi : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar), berencana melibatkan puluhan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengantisipasi dampak penyebaran Coronavirus (Covid-19).

Menurut Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, akan ada sekitar 32 personel Satpol PP yang akan diturunkan membantu petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), melakukan pengecekan atau pendeteksian suhu panas tubuh seluruh penumpang di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Sebelum bertugas, 32 personel Satpol PP terlebih dahulu akan mendapatkan pelatihan dari KKP dan otoritas Bandara Internasional Minangkabau. 

“Satpol PP akan kita perbantukan sebanyak 32 orang. Besok akan dilatih. Besok, mereka akan berkoordinasi dengan KKP dan otoritas Bandara, AirNav juga. Semua akan diperbantukan disini. Nanti, akan diatur jadwalnya seperti apa,” kata Nasrul Abit, Sabtu (14/3/2020) malam.

Menurut Nasrul, seluruh personel yang terlibat dalam penanganan Covid-19 termasuk Satpol PP akan bertugas mulai pukul 04.00 WIB dini hari, hingga pukul 12.00 WIB.

“Bertugas dari jam 04.00 WIB dini hari, sampai Pesawat terakhir. Bisa pukul 23.00 WIB atau pukul 00.00 WIB,” ujar Nasrul Abit.

Terkait dengan area pelabuhan Teluk Bayur, Nasrul menyebutkan pihaknya hingga kini masih memantau perkembangan. Apabila nanti diperlukan, alat pendeteksi suhu tubuh dan personel yang bertugas, juga akan disiagakan.

“Kalau yang untuk pelabuhan Teluk Bayur, nanti akan kita lihat perkembangannya. Sekarang, untuk bandara dulu. Karena, kita khawatir barangkali ada orang yang datang dari luar Sumbar, tidak terdeteksi. Nah, kita deteksi di sini,” kata Nasrul Abit.

Dirinya memastikan, bahwa Pemprov Sumbar akan semaksimal mungkin mengantisipasi dampak penyebaran Covid-19 ini. Namun, disamping itu pihaknya juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat.

Dan juga, harus mengurangi aktivitas luar rumah atau di keramaian.

“Kita akan semaksimal mungkin mengantisipasi ini. Namun, diimbau juga masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat. Kurangi aktivitas di keramaian. Mudah-mudahan, kita sehat selalu dan tidak terjangkit corona ini,” tutupnya.