tanggap-bencana

Cegah Corona, Polres Purwakarta Bersihkan Lingkungan

Oleh: Esa Wicaksono Editor: 10 May 2020 - 11:29 kbrn-pusat
KBRN,Purwakarta : Penyebaran COVID-19 atau lebih dikenal virus corona saat ini cukup meresahkan masyarakat. Berbagai upaya dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh jajaran Kepolisian, TNI, Pemerintah Daerah hingga elemen masyarakat Kabupaten Purwakarta turun ke jalan melakukan aksi bersih-bersih tempat umum.Kegiatan sosial ini dilakukan di area Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Kabupaten Purwakarta, Minggu (15/3/2020).

Selain melakukan bersih-bersih lingkungan, juga melakukan  sosialisasi tata cara mencuci tangan menurut WHO, serta mengenalkan cara berjabat tangan menghindari penyebaran COVID-19.

Menurut Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan, aksi bersih-bersih ini sebagai upaya untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Corona di Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta menghimbau masyarakat jangan merasa takut yang berlebihan atau panik dalam menghadapi virus Corona.Masyarakat dihimbau  menjaga tubuh untuk selalu sehat dan mengupayakan agar lingkungan disekitar tempat tinggal  selalu bersih.

"Dengan tidak adanya potensi sumber penyakit maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat. Sehingga dapat menangkal atau mencegah virus corona. Tubuh yang sehat, mudah-mudahan tidak tertular," ujar Kapolres.

Kapolres meminta, seluruh masyarakat Purwakarta tetap menjaga kebersihan supaya tidak terjangkit virus corona. Selain itu, warga juga diimbau menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, hingga ke tempat ibadah.

"Kepada seluruh masyarakat untuk membudayakan bersih-bersih lingkungan,terutama saat musim hujan bukan hanya virus Corona yang membuat khawatir, namun juga demam berdarah dan penyakit lainnya yang disebabkan nyamuk yang berasal dari genangan air yang kotor," kata Indra.

Sementara itu selain bersih-bersih,Kapolres Purwakarta melakukan aksi bagi - bagi masker gratis kepada masyarakat sekitar area Taman Air  Mancur Sri Baduga Situ Buleud.

"Sehat lingkungan dan sehat diri, sebagai cara ampuh dalam menangkal corona. Selain di lingkungan rumah, kantor juga fasilitas umum lainnya harus selalu dalam kondisi bersih dan higienis. Mari bersama-sama, TNI-Polri, instansi pemerintah dan masyarakat membudayakan lingkungan bersih dan sehat juga membiasakan pola hidup bersih dan sehat," pungkas Kapolres.