• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Siapa Dokter Handoko yang Disebut Pahlawan Lawan Corona dan Viral di Media Sosial ?

18 March
11:21 2020

KBRN, Jakarta : Nama Dokter Handoko Gunawan akhir-akhir ini viral di berbagai media sosial seperti Facebook dan Twitter. Bahkan di Twitter, tagar #dokterhandokogunawan menjadi trending topic di Indonesia.

Sosok Dokter ini awalnya viral setelah kisanya disebarkan oleh salah satu akun. Akun tersebut menceritakan jika Dokter Handoko merupakan Dokter ahli paru di RS Graha Kedoya yang berusia 80 tahun. Ia menjadi Dokter yang menghandle virus COVID-19.

Diceritakan juga Dokter Handoko bekerja hingga jam 3 pagi, dikarenakan dokter muda banyak yang takut. Selain itu ada beberapa informasi yang menyebutkan jika saat ini Dokter Handoko sedang berada di ICU dikarenakan sesak nafas.

Berdasarkan kisahnya, banyak warganet yang mengapresiasi kontribusi Dokter Handoko ditengah penyebaran virus corona di Indonesia. Terlebuh diusiannya yang tidak muda lagi. Warganet pun banyak memberikan dukukan, semangat, dan doa kepada DOkter Handoko dalam penanganan virus ini.

Berikut kami kutip beberapa diantaranya.

"Mari kita doakan lebih kuat lagi #dokterhandokogunawan" tulis artis Kirana Larasati melalui akun twitternya @_kiranalara. Kirana Larasati juga mengepost sebuah foto Dokter Handoko yang terbaring di tempat tidur rumah sakit.

"dedicating his life for humanity. has a determination to humanity. now he got sick after fighting to cure people with the corona virus. our deepest condolences for him. pls pray for him, everyone. Folded handsDove of peace #dokterhandokogunawan" tulis akun @cyrilhadriaan.

"Di balik orang jahat yang jual masker sampe sejuta. Jual sabun cuci tangan sampe 85 ribu. Masih ada orang baik bernama Pak #dokterhandokogunawan.

Yang kayak gini yang harusnya DIJADIKAN DUTA dan PENGHARGAAN. Bukan kaleng kaleng!

Bapaknya kemarin masuk ICU. Cepet sembuh, Pak" tulis akun @dwitasaridwita

"#dokterhandokogunawan dgn dedikasi anda, anda adalah orang yg luarbiasa, Indonesia btuh ratusan bahkan ribuan orang seperti anda, anda slh satu yg terbaik yg pernah saya lihat.

saya tdk mengenal anda dok, tp semoga doa saya adalah slh satu doa yang dikabulkan untuk kesehatan anda" tulis akun @didotkurniawan.


"dokter Handoko Gunawan ahli paru di Graha Kedoya salah satu dokter yg berjuang mengatasi Covid-19. Belio rela mempertaruhkan nyawa buat rakyat Indonesia, mari kita doakan agar belio tetap selamat dalam berjuang meredam virus Corona #dokterhandokogunawan" tulis akun @BamsBulaksumur.

Terkait hal ini Keluarga Dr Handoko Gunawan pun memberikan beberapa hal, untuk menanggapi berita-berita yang beredar melalui sosial media. Berikut beberapa hal yang disampaikan keluarga Dokter Handoko yang diterima RRI.

1. Dr Handoko Gunawan saat ini sudah dalam penanganan RS dan staf medis yang kompeten;

2. Dr Handoko Gunawan dalam kondisi sadar dan dapat berkomunikasi dengan baik. (tentunya komunikasinya dibatasi);

3. kami keluarga besar Dr. Handoko Gunawan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian, simpati dan doa-doa yang dipanjatkan untuk Dr. Handoko Gunawan, baik dari teman-teman, kerabat, netizen dan seluruh lapisan masyarakat yang memberikan semangat dan dukungan;

4. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa membalas budi baik kalian semuanya.

00:00:00 / 00:00:00