olahraga

Luar Biasa, Jersey Timnas Indonesia Buatan Anak Bangsa

Oleh: Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:28 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta : Gebrakan baru dilakukan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dimana induk organisasi sepak bola Tanah Air itu mempercayakan kepada anak bangsa dalam pembuatan jersey dan apparel tim nasional (timnas) Indonesia. 

Ya, PSSI dibawah komando Mochamad Iriawan yang belum genap setengah tahun melakukan kerjsama dengan pabrikan asal Tangerang, Banten, Mills dalam pembuatan jerey dan segala turunan apprel tim Garuda. 

Dikatakan, Iriawan ada beberapa hal yang membuatnya mengambil keputusan itu. Salah satunya adalah mendukung arahan Presiden Joko Widodo yang meminta agar menggalakan produk-produk lokal, hasil karya anak bangsa, yang sesungguhnya kualitasnya tidak kalah dengan produk serupa dari luar negeri.

“Keputusan memilih produksi dalam negeri untuk jersey dan seluruh apparel tim nasional diambil karena PSSI mendukung arahan Presiden Jokowi,” tutu Iriawan seperti keterangan tertulis yang diterima wartawan, Jumat (20/03/2020). 

“Dengan memilih hasil karya anak negeri, otomatis pula akan menggerakkan usaha kecil dan menengah, serta membuka lapangan kerja bagi saudara-saudara kita di lokasi pabrik tempat perusahaan itu berada,” tambahnya. 

Selain itu, pria kelahiran 31 Maret 1962 itu mengatakan keputusan ini juga akan membuat kita semakin bangga dan percaya diri bahwa hasil karya anak negeri akan dikenal secara luas mendunia, terutama saat timnas kita berlaga di ajang internasional.

"Kalau bukan kita yang berbangga pada produksi berkualitas dari dalam negeri, lalu siapa lagi?" tegas jenderal polisi bintang tiga itu. 

Kerja sama ini memiliki cakupan yang luas. Mills tidak hanya menyediakan apparel untuk tim nasional, tetapi juga untuk kebutuhan kursus wasit dan kepelatihan yang diselengarakan PSSI. Mills bahkan memenuhi kebutuhan apparel untuk 34 Asosiasi Provinsi PSSI. Semangatnya, kekompakan dari ujung Aceh sampai Papua. (Foto: Antara)