tanggap-bencana

Seribuan Mahasiswa UIN Jakarta Kekurangan Pangan, Menag Diminta Fokus Dampak COVID-19

Oleh: Bunaiya Fauzi Arubone Editor: Nugroho 10 May 2020 - 11:27 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta : Seribuan lebih mahasiswa perantauan yang kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta kekurangan pangan. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily meminta Menteri Agama (Menag) RI, Fachrul Razi untuk fokus pada dampak yang timbul selama pandemi COVID-19.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar ini bahkan meyakini kalau kondisi yang tak jauh beda juga dialami oleh mahasiswa perantauan di kampus lain.

"Mahasiswa di perantauan itu lagi kesulitan Pak. Termasuk mahasiswa UIN Jakarta di kosannya itu kekurangan makanan. Siapa yang memperhatikan itu," ungkapnya dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi VIII DPR RI dengan Menag, Rabu (8/4/2020).

Perlu diketahui, rapat yang berlangsung secara virtual itu juga diikuti oleh Menag Fachrul Razi dan jajarannya. Ace pun meminta Menag dan jajarannya untuk bekerja fokus pada dampak COVID-19 di wilayah kerjanya.

"Oleh karena itu bapak, tolong yang menjadi fokus adalah dampak dari COVID-19," pintanya.

Konkretnya, Ace meminta Kemenag untuk mendata masalah apa saja yang timbul akibat dampak COVID-19 di lingkungan dan wilayah kerja Kemenag. Termasuk di institusi pendidikan yang berada di bawahnya, guna dikoordinasikan dengan kementerian dan lembaga terkait untuk ditanggulangi.

"Di list dari sekarang misal dan dikoordinasikan dengan kementerian terkait, baik itu Kemendikbud atau BNPB sendiri atau Gugus Tugas atau dengan Kementerian Sosial, berapa jumlah mahasiswa di PTKI baik itu negeri maupun swasta yang sekarang ini kesulitan akibat dari COVID-19," pungkasnya. (Foto : Tangkap Layar YouTube DPR RI)