daerah

Sehari Setelah Dinyatakan Membaik, Pasien Positif Corona di Kebumen Meninggal

Oleh: Farhan Marzuki Editor: Nugroho 10 May 2020 - 11:27 kbrn-pusat
KBRN, Kebumen: Pasien positif Corona asal Kebumen berinisial YP, Rabu siang (8/4/2020) meninggal dunia. Sehari sebelumnya, Gugus Tugas Covid-19 Kebumen melalui Kepala Dinas Kesehatan mengumumkan YP sebagai pasien positif ketiga di Kebumen. Dalam konfrensi pers tersebut Kadinkes dokter Dwi Budi Satrio mengatakan, pasien tengah dalam perawatan dan kondisinya baik.

"Pasien sudah di rawat sejak 25 Maret di salah satu rumah sakit di Kebumen dan kondisinya baik. Tetapi memang ada penyakit penyertanya yaitu diabetes," jelas Budi Satrio Selasa (7/4/2020).

Kabar meninggalnya YP direspon Gugus Tugas dengan menggelar jumpa pers di command center Covid-19, Rabu malam (8/4/2020). Jumpa pers dipimpin Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas Cokro Aminoto, didampingi para anggota Kusbiyantoro, dokter Hasan Bayuni, dan Eko Purwanto.

Disampaikan Kusbiyantoro, pasien meninggal dalam perjalanan dari Kebumen menuju rumah sakit rujukan lini 1, RSU Margono Sukaryo Banyumas.

"Sesuai permintaan keluarga, pasien kami rujuk ke RSU Margono. Pasien meninggal dalam perjalanan," kata Kusbiyantoro Rabu malam.

Jenasah YP langsung dikebumikan dengan protap Covid-19 di area tempat  pemakaman umum desa Muktisari. Pemakaman di makam ini, kata Kusbiyantoro, sudah melalui ijin pihak desa dan kelurahan setempat.

"Untuk pemulasaran jenasah, pihak keluarga menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Kami makamkan disana setelah berkordinasi dengan pihak desa, dan sudah ada ijin dari Polres," terang Kusbiyantoro.

Terkait kondisi terakhir pasien, diterangkan Kusbiyantoro, memang sempat membaik namun pada Rabu siang pasien melemah. Tim medis lantas merujuk pasien ke Rumah Sakit Margono Sukaryo yang merupakan Rumah Sakit Rujukan Lini 1. Namun sebelum sampai ke tujuan, nyawa pasien tidak tertolong.