info-publik

Sinergi Pelindo III, BUMN dan Swasta Donasikan Rp 27 Miliar Perangi Wabah Coronavirus

Oleh: Editor: Nugroho 10 May 2020 - 11:27 kbrn-pusat

KBRN, Jakarta : Direktur Utama (Dirut) PT. Pelindo III (Persero) Doso Agung dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan mengatakan Pelindo III, BUMN dan swasta telah berkomitmen penuh membantu pemerintah terkait penanganan dan peanggulangan wabah pandemi global Coronavirus (COVID-19). 

Menurut Doso Agung, kekuatan gotong royong dari korporasi (perusahaan) maupun masyarakat berkontribusi besar ikut andil dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia. 

Pelindo III juga siap jika nantinya terminal penumpang kapal laut di wilayah timur Indonesia harus diubah menjadi Rumah Sakit khusus untuk menangani pasien Covid-19.

Pelindo III bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta hingga saat ini telah mendonasikan lebih dari Rp 27 miliar dalam rangka penanganan wabah Coronavirus Indonesia. Bantuan itu diberikan dalam bentuk berbagai program dan aktivitas.

Dana sebesar itu telah direalisasikan dalam berbagai wujud, di antaranya pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, pembangunan ruangan rehabilitasi ruangan isolasi di rumah sakit rujukan, pembentukan satgas COVID-19 di Bali, pengadaan alat rapid test, bantuan sarana cuci tangan di tempat umum, masker, hingga cairan sanitasi tangan.

"Kami sadar jika kondisi penyebaran COVID-19 di Indonesia sudah cukup mengkhawatirkan. Kami terpanggil untuk memberikan kontribusi nyata bagi setiap warga,” kata Doso Agung kepada wartawan Rabu (8/4/2020).

“Pelindo III berharap berbagai macam bantuan termasuk jika diperlukan mengubah Terminal penumpang menjadi rumah sakit khusus untuk menangani pasien COVID-19, dan semoga apa yang dilakukan ini bisa membantu menanggulangi penyebaran virus COVID-19 di Indonesia," jelasnya.

"Selain itu, di Surabaya kami bekerjasama dengan sebuah hotel untuk memberikan fasilitas kamar beserta semua akomodasinya gratis bagi dokter dan petugas medis yang ditolak oleh warga sekitar kostnya untuk tinggal maupun menjalani masa karantinanya di sana," tegasnya. 

Sebelumnya perusahaan yang berkantor pusat di Surabaya ini sudah melakukan berbagai pencegahan dan penanggulangan, baik di internal maupun eksternal perusahaan

Diantaranya penerapan physical distancing yang ketat di area pelabuhan dan perkantoran, penyediaan bilik steril dan hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, hingga pemberian vaksin influenza dan minuman herbal gratis untuk meningkatkan daya tahan tubuh para pegawai.

Pelindo III mengaku siap jika terminal penumpang kapal laut di wilayah timur Indonesia harus diubah menjadi rumah sakit khusus untuk menangani pasien Coronavirus.

Perusahaan juga menekankan akan tetap memberikan pelayanan distribusi logistik selama 24 jam penuh untuk menjamin kelancaran logistik tetap terjaga di tengah pandemi COVID-19.

"Komitmen kami tidak hanya cukup pada upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Indonesia, terutama di lingkungan kerja. Di tengah pandemi COVID-19 ini, kami menjamin kelancaran logistik selama 24 jam selama 7 hari penuh sesuai tugas kami," terangnya.

Selain itu Pelindo III juga ditunjuk sebagai koordinator pengadaan bantuan 90 ribu APD yang dilakukan bersama BUMN dan swasta. APD yang didatangkan khusus untuk para petugas medis.

Doso Agung mengatakan, pihaknya merasa bangga bisa dipercaya sebagai koordinator pengadaan bantuan APD untuk para petugas medis.

Menurutnya, peran dan sinergi antar BUMN dan swasta dalam kondisi seperti ini dirasa sangat penting, agar segala macam permasalahan terkait penyebaran COVID-19 bisa cepat tertangani.

Bantuan tersebut juga merupakan bagian dari aksi nyata kepedulian Pelindo III kepada para petugas medis sebagai garda terdepan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Terkenih belakangan ini diketahui APD menjadi kebutuhan utama yang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas petugas medis dalam melayani korban Covid-19.

"Kami mengakui, petugas medis memiliki potensi tertular sangat tinggi ketika bertugas. Kami berharap bantuan berupa 90 ribu APD bisa membuat mereka lebih aman dan tenang dalam bekerja “ tambahnya.  

“Kami memberikan apresiasi tinggi, menaruh hormat, respek, dan salut, para petugas medis yang saat ini tanpa lelah berjuang sebagai garda terdepan penanganan para pasien Covid-19," ungkapnya.

Bantuan 90 ribu APD itu akan diberikan secara bertahap oleh Pelindo III dan diserahkan kepada kementerian BUMN melalui Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri.

Sementara itu, distribusinya akan dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kementerian BUMN kepada para petugas medis di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 yang tersebar di Indonesia.