• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Kebijakan Pemerintah yang Menutup Semua Akses Penerbangan dari Cina Menuju Indonesia dan Sebaliknya

4 February
07:48 2020
1 Votes (4)

KBRN, Jakarta : Kekesalan pemerintah Cina atas sikap sejumlah negara yang menutup akses bagi warga Cina untuk masuk dan keluar suatu negara, sesungguhnya dapat dipahami. 

Duta Besar Cina untuk Israel di Tel Aviv menyamakan sikap sejumlah negara itu seperti holocaust terhadap warga Yahudi di Eropa pada era perang dunia kedua. 

Namun demikian, wabah novel coronavirus 2019, ternyata lebih mengerikan dibanding prediksi awal. Wabah yang meluas di kawasan Wuhan, Hubey, Cina, sedikitnya telah merenggut lebih dari 300 orang. Angka yang sangat banyak.

Di luar Cina, satu orang dipastikan meninggal dunia di Filipina. 

Wabah ini  berasal dari keluarga yang sama dengan virus MERS dan SARS. karena itu, hubungan dengan Cina adalah pilihan dilematis. 

Selain upaya evakuasi warga sejumlah negara, termasuk Indonesia dari Wuhan, ternyata juga dibarengi dengan penutupan akses dari dan ke Cina. Ini yang menjadi pokok masalah lanjutan. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah menegaskan sikap Indonesia. 

Memang dampak sosial politik dan ekonomi cukup banyak. Orang Indonesia yang sudah ke Cina tidak bisa pulang ke tanah air, dan sebaliknya, orang Cina yang sudah di Indonesia tidak bisa kembali ke Cina. 

Sejumlah travel agent dan hotel juga dipastikan kehilangan pangsa pasar. 

Tapi sekali lagi, ini adalah pilihan sulit. Bahkan kabarnya, pemerintah akan melarang sejumlah komoditi yang selama ini diimpor dari Cina, di antaranya bawang putih. Dapat dibayangkan bagaimana dampaknya. 

Kita perlu memberi apresiasi atas sikap tegas pemerintah. Melindungi warganya adalah jauh lebih penting daripada sekedar persoalan ekonomi, walaupun pemerintah juga perlu menjelaskan secara bijak kepada pemerintah Cina. 

Banyak hal menjadi tidak pasti kendati yang pasti adalah ketidakpastian itu sendiri, kapan penyebaran virus novelcorona akan berakhir. Ini yang lebih mengkhawatirkan.


Naskah oleh Widhi Kurniawan

Tentang Penulis

Nugroho

rri.co.id

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00