• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Kontroversi Wacana Pemulangan WNI Eks Isis ke Indonesia

6 February
07:03 2020

KBRN, Jakarta : Belum usai soal pencegahan masuknya virus novel Corona dari China, kini publik di tanah air kembali diramaikan soal kabar rencana pemulangan anggota ISIS ke Indonesia.

Dugaan awalnya adalah ucapan Menteri Agama Fahrul Razi yang memicu perdebatan soal pemulangan anggota ISIS ini. Sampai semua pihak berbicara, seperti ketua DPR Bambang Soesatyo, Menko Polhukam Machfud MD, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, hingga Presiden Joko Widodo.

Bahkan Presiden Joko Widodo menyatakan akan melaksanakan Rapat Terbatas dengan menteri dan kepala badan atau lembaga terkait tentang rencana pemulangan mantan ISIS ini.

Pihak Mabes Polri, seperti disampaikan Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Asep Adi Saputra, juga menyatakan sedang mengkaji rencana pemulangan mantan anggota ISIS tersebut. Namun belakangan, Menteri Agama Fahrul Razi menyampaikan bantahan soal pernyataannya mengenai rencana pemulangan anggota ISIS tersebut.

Ia mengatakan bahwa yang menyampaikan rencana kepulangan itu adalah BNPT atau Badan Nasional Penanggulangan Terorisme yakni adalah mayor jenderal Hendri Paruhuman Lubis menurut Fahrul Razi yang memulai menyebut rencana pemulangan WNI anggota ISIS jumlahnya sekitar 600 orang. Mayjen Hendri P Lubis menyampaikan hal itu pada acara kegiatan organisasi yang dipimpin oleh jenderal TNI purnawirawan Fahrul Razi yang juga adalah Menteri Agama Republik Indonesia.

Mudah-mudahan itu adalah penjelasan yang benar dari Menteri Agama, dengan penjelasan itu, maka sebenarnya kabar rencana pulangnya WNI anggota ISIS sebenarnya masih wacana. Bila itu yang terjadi, tidak perlu pula Presiden Joko Widodo melakukan rapat khusus mengenai rencana pulangnya WNI anggota ISIS, sampai pihak BNPT menyusun laporan detail dan komprehensif.

Cukuplah bicara wacana, beberapa hari mendatang sepertinya pemerintah masih perlu fokus ke virus novel corona yang selain membahayakan kesehatan, namun juga memunculkan dampak ekonomi dan sosial dan sangat mengkhawatirkan.

Penulis  :  Widhie Kurniawan, Pimred Pusat Pemberitaan 

Tentang Penulis

Mosita Dwi Septiasputri

Mositadwis@gmail.com

00:00:00 / 00:00:00