Daerah

Harga Kelapa Sawit di Sumsel Membaik

Oleh: Editor: 29 Sep 2022 - 00:00 Palembang

KBRN,Palembang:  Harga kelapa sawit di Sumatera Selatan membaik. Kini komoditas itu mencapai RP 2.400 rupiah perkilogram, dari sebelumnya hanya seribu rupiah per kilogram.  

 

Harga kelapa sawit di Sumsel mengalami perbaikan, dari yang sebelumnya sempat anjlok seribu rupiah perkilogram,Rabu (28/09/22).  

 

Namun harga komoditas ini di Sumsel stagnan di kisaran 2 sampai 2.400 rupiah perkilogram, yang dipengaruhi meningkatnya disribusi produk competitor, minyak kedelai dan biji bunga matahari.

 

Analisis P3P Ahli Madya Dinas Perkebunan Sumsel Rudi Aprian menyatakan, peningkatan harga kelapa sawit di provinsi ini dinilai sulit, menyusul 60 persen petani merupakan swadaya, yang harga jualnya bahkan diprediksi bisa dibawah 2 ribu rupiah, akibat tidak mengikuti harga tim penetapan harga tandan buah segar provinsi.

 

Berbeda dari harga petani plasma yang saat ini dinilai aman. Untuk itu diharapakan Pemprov Sumsel dapat melakukan pendampingan untuk stabilitas harga terhadap petani swadaya melalui unit usaha, yang saat ini diakui tengah diupayakan.

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas ekspor Sumsel dengan India sebagai negara tujuan utama.