Daerah

Peminat Ibadah Umrah Naik, Ini Penyebabnya

Oleh: Editor: 29 Sep 2022 - 00:00 Cirebon

KBRN, Majalengka: Kasie Penyelenggaraan Haji dan Umroh pada Kemenag Majalengka, Heru Hoerudin mengatakan dalam satu bulan ini sudah cukup banyak yang meminta rekomendasi dibuatkan pasport untuk keberangkatan umroh. Animo masyarakat ini terlihat antusias daripada biasanya.

"Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya paska musim haji, yang meminta rekomendasi untuk pembuatan pasport keberangkatan umroh kini sudah banyak," ungkapnya, Rabu (28/9/2022).

Heru menjelaskan, dalam dua pekan terakhir terdapat 47 orang yang mendatangi kantor Kemenag, tujuannya untuk meminta rekomendasi pembuatan pasport keberangkatan umroh. Tanpa pasport keberangkatan, maka orang tidak bisa melaksanakan umroh.

"Alhamdulillah ya, pasca Covid-19 ini gairah orang untuk menjalankan ibadah umroh cukup banyak. Mungkin itu adalah salah satu faktornya. Faktor lain mungkin saja ada," ungkapnya.

Heru menambahkan, faktor lain yang mengharuskan orang cukup banyak yang berangkat umroh adalah karena kemungkinan faktor kesejahteraan ekonominya yang meningkat.

Sehingga mengharuskan mereka yang punya kelebihan uang untuk berangkat umroh terlebih dahulu, sebelum akhirnya berangkat menunaikan ibadah haji pada waktu yang memang sudah ditentukan.

Faktor lainnya, kata dia, tentu saja karena antrean yang cukup lama dan panjang, saat ini saja, antrean untuk berangkat ibadah haji ke tanah suci Mekkah mencapai 20 tahunan.

"Di kita ada 21.737 daftar peserta antrean yang akan berangkat haji dan masih menunggu antrean. Maka, solusi untuk menghilangkan kerinduan itu ya dengan berangkat umroh," pungkasnya. (*)