• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Batal! ASN yang Pensiun Tak Jadi Dapat Miliaran Rupiah

19 February
07:48 2020

KBRN, Jakarta : Sempat ramai dibicarakan publik, terutama ASN soal pensiun satu miliar, ternyata dikoreksi beberapa saat kemudian salah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PANRB) Tjahjo Kumolo yang sempat dikutip pernyataannya terkait rencana pemberian pensiun sebesar satu miliar rupiah Bagi ASN.

Pernyataan itu menarik perhatian khalayak luas, dan sempat viral. Namun belakangan dikoreksi, dan disebut hanya bagian dari perbincangan mengenai TASPEN. Agak aneh juga... Tapi yang pasti harapan akan adanya Pensiun satu miliar bagi ASN tidak akan ada lagi.

Beberapa kali memang soal tunjangan pensiun ini menjadi pembicaraan. Pada tahun 2017, juga sempat muncul, namun hilang lagi. Menariknya, walau diklarifikasi oleh Menteri Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua DPR Sufi Dasco, justru mendukung.

Kendati meminta kajian lebih dalam, namun Sufi Dasco melihat kemungkinan itu. Karena itu, tidak ada salahnya Menteri Keuangan dan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi mengkaji hal ini.

Bagaimanapun besaran pensiun satu miliar cukup lumayan besar, dan dapat menjadi daya tarik ASN. Memang setelah itu tidak ada lagi pensiun bulanan, akan tetapi ada perasaan negara menghargai kinerja pensiunan yang sebelumnya sudah bekerja sekitar 30 tahun sebagai PNS atau ASN.

Disamping juga, pensiun dapat 1 miliar, maka akan meningkatkan kinerja pegawai. Mereka pasti akan terobsesi mendapat satu miliar saat pensiun, dibandingkan saat ini hanya sekitar 50 atau 60 juta, padahal sudah mengabdi puluhan tahun.

Tapi, sayang, itu semua akan hilang, karena sudah dikoreksi oleh Menteri Pendayaguaan Aparatur Sipil Negara. Tidak benar akan ada tunjangan pensiun satu miliar bagi ASN saat pensiun. Sekali lagi. Mohon maaf, batal.

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

00:00:00 / 00:00:00