• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Belum Diumumkan, Akankah PDIP Tunjuk Gibran dan Bobby Nasution?

20 February
07:39 2020

KBRN, Jakarta : Khalayak luas sebenarnya menunggu-nunggu pengumuman untuk dua kota, yakni Solo dan Medan. Namun sampai akhir acara, kota Solo dan Medan tidak juga diumunkan kandidat dari PDI Perjuangan.

Di Solo ada kandidat yang sudah mendaftar, namanya Gibran Rakabuming. Ia adalah anak Presiden Joko Widodo.

Sementara di Solo ada calon lain, yakni Ahmad Purnomo yang saat ini wakil walikota solo, dan diusung oleh Kader Serta pengurus PDI Perjuangan tingkat Kecamatan se Kota Solo termasuk pengurus daerah.

Dunia persilatan agak kacau di PDI P Solo, karena tiba-tiba ada anak Presiden mendaftar ke partai yang sama. Sementara di Medan, ada Bobby Nasution.

Ia adalah menantu Presiden Joko Widodo. Keluarga Boby juga cukup terpandang di Medan. Persoalannya serupa dengan di Solo, di Medan juga ada Kader PDI Perjuangan yang saat ini menjabat PLT Walikota Medan, Akhyar Nasution. Kemarin, dua kota itu ditunggu, termasuk oleh warga kedua kota. Namun belum juga diumumkan.

PDIP pasti dihadapkan posisi menarik, mengusung Kader yang sudah pengalaman, atau mengusung calon yang masih hijau, tapi punya kaitan nama besar Presiden, yakni anak dan mantu. Biasanya, bila kondisi sulit pasti ada kompromi. Satu calon Walikota dan satunya calon Wakil Walikota. Tapi kompromi itu juga bukan jaminan untuk menang Pilkada.

Bagaimanapun DPP PDIP tetap harus memilih, seraya memperhatikan arahan Ketua Umum Partai, Megawati Soekarnoputri, jangan memaksakan anak atau istri maju dalam Pilkada bila belum mampu.

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

00:00:00 / 00:00:00