Daerah

Pembangunan Huntara Untuk Korban Banjir Bandang Torue

Oleh: Editor: 29 Sep 2022 - 00:02 Toli Toli

KBRN,Tolitoli; Pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD saat ini tengah melakukan pembangunan hunian sementara HUNTARA bagi puluhan kepala keluarga korban banjir bandang yang melanda daerah itu, pada 28 Juli 2022 lalu.

Persentase pengerjaan saat ini baru berjalan sekitar 2 minggu dan diharapkan HUNTARA yang dibangun dapat memberikan hunian yang layak bagi korban banjir bandang Torue. Sekretaris BPBD Kabupaten Parigi Moutong Mohammad Rivai saat dikonfirmasi RRI (28/09/2022), mengatakan dari banjir bandang yang melanda Desa Torue Kecamatan Torue pada Juli 2022, sudah tercatat rumah rusak sebanyak 40 unit.

Dengan rincian 10 unit dinyatakan hilang serta 30 unit lainnya mengalami rusak berat, namun jumlah tersebut bertambah karena terdapat usulan baru dari Desa dan Kecamatan sebanyak 12 unit rumah yang berada di pesisir pantai sehingga jumlah keseluruhan mencapai 52 unit yang harus dibuatkan HUNTARA.

“Adapun pembangunan HUNTARA ini tidak hanya berfokus pada satu lokasi saja, tapi disejumlah lokasi karena hingga saat ini terdapat empat kepala keluarga sudah membeli lokasi sendiri untuk membangun hunian tetap”, ujar Mohammad Rivai (28/09/2022).

Sementara itu, kepala wilayah kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong Abdul Aten saat dikonfirmasi RRI (28/09/2022), mengaku senang dan berterima kasih dengan dimulainya pembangunan HUNTARA bagi puluhan KK yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Torue. Untuk itu, dirinya berharap kepada seluruh masyarakat yang ada di Desa Torue Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong terutama warga yang terdampak untuk bersabar, sebab saat ini tahapan pembangunan HUNTARA oleh instansi terkait sudah dimulai.