Daerah

Polemik Penataan Parkir di Area Sekolah, Polresta Malang Kota Gelar Rakor Bersama Instansi Terkait

Oleh: Editor: 29 Sep 2022 - 00:08 Malang

KBRN, Malang : Polemik penataan parkir di area sekolah menimbulkan kemacetan lalu lintas yang dikeluhkan warga. Diantaranya di kawasan Jalan Bandung area madrasah terpadu dan kawasan SMAN Tugu. Kemacetan juga dirasakan warga di  Jalan Veteran dan Jalan Sultan Agung. Titik kepadatan lalulintas yang terjadi disinyalir akibat dari banyaknya masyarakat yang masih parkir belum teratur pada tempatnya.

Menanggapi hal tersebut, Polresta Malang Kota melakukan rapat koordinasi bersama instansi terkait yakni Kapolsek Klojen, Danramil Klojen, Kadiknas Provinsi Jawa Timur wilayah Malang, Kasatpol PP Kota Malang, kepala sekolah setempat, dan ketua RT RW Kelurahan Penanggungan.

“Menanggapi isu yang beredar terkait dengan kemacetan akibat adanya penataan parkir yang kurang tepat di wilayah Kota Malang, kami pun melakukan rapat koordinasi dan menghasilkan beberapa solusi untuk mengurangi kemacetan tersebut,” kata Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppi Anggi Khrisna, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya, ada beberapa solusi dari rakor tersebut. Salah satunya akan mengadakan survei untuk pemasangan rambu lalulintas di depan SMAN 4, kemudian dilakukan sosialisasi kepada orang tua siswa di sekolah tersebut.

“Kami juga akan tetap melaksanakan koordinasi dengan pihak kelurahan dan Pemkot tentang adanya kantong-kantong parkir yang menampung parkir para siswa SMAN 1, 3, dan 4,” jelas Kompol Yoppi. 

Sementara di wilayah Jalan Sultan Agung akan ditertibkan dengan hanya memperbolehkan satu shaf parkir saja.

"Sedangkan terkait dengan kemacetan serta permasalahan lahan parkir yang berada di wilayah Jalan Veteran dan Jalan Sultan Agung beberapa solusi juga kami telah temukan hasil dari diskusi,” uangkapnya.

“Pihak sekolah diharapkan mampu mengatur durasi dropzone yang dimana lajurnya terpisah dari warga yang akan melintas, selain itu juga dilakukan rekayasa arus lalu lintas untuk pengalihan arus,” imbuhnya.

Polemik ketersediaan lahan parkir memang menjadi salah satu masalah klasik di berbagai wilayah, termasuk salah satunya di kota Malang. Masih belum teraturnya sarana dan prasarana perparkiran secara tidak langsung berkonstribusi terhadap kelancaran dan ketertiban lalulintas.

“Semoga hasil rapat koordinasi yang dilakukan oleh jajaran terkait diharapkan dapat menjadikan solusi pemecahan masalah kemacetan di wilayah Kota Malang,” pungkasnya.