Daerah

Cari Atlet, PASI Kota Malang Blusukan ke Sekolah

Oleh: Editor: 29 Sep 2022 - 00:08 Malang

KBRN, Malang : Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Malang kini tengah mempersiapkan atletnya, yang akan diproyeksikan mewakili Kota Malang untuk berlaga diajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov ) ke-8 tahun 2023 mendatang. Namun PASI Kota Malang mengalami kendala lantaran beberapa atlet melewati batas persyaratan usia mengikuti Porprov. 

Ketua harian PASI Kota Malang, Oni Chandra menyebutkan, sekarang ini PASI tengah mencari solusi untuk mengisi kekosongan atlet, dengan perekrutan atlet muda melalui klub (olahraga) dan promosi ke sekolah-sekolah. Meskipun upaya ini belum membuahkan hasil maksimal, karena minat pelajar Kota Malang yang dinilai rendah. 

"Kita kesulitan untuk mencari atlet atletik di sini, meskipun kita sudah masuk ke sekolah sekolah. Dan anak  sekarang ini lebih suka gadget dari pada olahraga, hal itu yang membuat kesulitan PASI mencari atlet," ungkap Oni Candra saat dikonfirmasi, Rabu (28/9/2022). 

Ditegaskan oleh Oni, PASI Kota Malang berupaya untuk bisa mengarahkan siswa yang berpotensi di atletik untuk berlatih. Akan tetapi justru atlet dari luar Kota Malang, yang sangat antusias mengikuti latihan.

"Atlet yang minat terhadap atletik justru kebanyakan berasal dari para pelajar luar kota, karena mereka melihat prestasi Kota Malang memperoleh peringkat kedua pada porprov kemarin. Dan hal itu menjadi ketertarikan atlet dari daerah lain untuk pindah ke Kota Malang," terangnya.