Daerah

Presiden: Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara di Atas Nasional

Oleh: Editor: 29 Sep 2022 - 00:10 Pusat Pemberitaan

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku Utara (Malut) di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional. Ia mengungkapkan, di Malut terdapat banyak industri tambang dari bahan mentah ke smelter.

Ia meminta semua pihak untuk menjaga situasi agar tetap kondusif di setiap kabupaten, kota, maupun provinsi. Hal itu disampaikan Presiden dalam keterangannya kepada awak media di Pasar Rakyat Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Rabu (28/9/2022). 

"Di sini mungkin saya belum membandingkan dengan provinsi lain menjadi salah satu provinsi dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Maluku Utara," kata Presiden.

Presiden pun meyakini, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Halmahera Barat berada di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional. Menurutnya, hal tersebut bisa dilihat dari geliat ekonomi masyarakat di pasar-pasar tradisional.

"Halmahera Barat saya belum cek ke BI (Bank Indonesia) pertumbuhan ekonominya seperti apa. Tetapi kalau melihat daerah di pasar seperti ini, ya saya kira hampir mirip-mirip sama," ucapnya. 

Presiden juga mengatakan, salah satu tujuan melakukan kunjungan kerja ke daerah untuk melihat langsung kondisi infrastruktur di daerah tersebut. Termasuk belum adanya jalan nasional di Malut. 

"Ya, negara ini dari Sabang sampai Merauke ini banyak sekali, 514 kabupaten/kota yang semuanya ada pulau terpencil. Di sebelah barat misalnya Nias, Simeulue, Pulau Mentawai, dan juga yang ada di Bangka Belitung," katanya.

"Di sebelah timur juga kemarin kita baru ke Maluku Barat Daya, itu semuanya butuh, mengapa saya turun ke bawah?. Untuk memastikan hal-hal yang tadi saudara-saudara (wartawan) cinta, seperti apa lapangannya, seperti apa kondisi ekonominya," ujar Presiden.

laporan BI Berdasarkan Agustus 2022, perekonomian Provinsi Maluku Utara pada triwulan II 2022 tumbuh sebesar 27,74 persen (yoy). Malut menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia untuk periode triwulan II 2022.

Selain Malut, Papua juga tercatat sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua. Serta Sulawesi Tengah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi ketiga.