Daerah

Mo: Selain Pejuang, Almarhum Effendi Mattjik Pernah Jabat Kepala BPS Bangka

Oleh: Editor: 29 Sep 2022 - 00:13 Sungailiat

KBRN, Sungailiat : Selain dikenal sebagai Veteran Pejuang Kemerdekaan RI, Almarhum HA Effendi Mattjik, BBA (88) diketahui terakhir bekerja di Pemkab Bangka menjabat sebagai Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka.

Oleh karena itu, dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka Baharudin Bafa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka sangat kehilangan sosok seorang abdi negara yang baik dan disiplin seperti almarhum HA Effendi Mattjik, BBA.

Hal itu dikatakan Baharudin Bafa yang akrab disapa Mo, kepada rri.co.id usai mengikuti pemakaman secara militer di TMP Padma Satria Sungailiat, Rabu (28/9/2022).

“Selama kami bekerja di Pemkab Bangka, beliau dikenal sebagai sosok abdi negara yang baik dan disiplin sehingga menjadi tauladan bagi kami para pegawai muda saat itu. Beliau juga diketahui pernah menjabat Kepala Kantor BPS Kabupaten Bangka (saat itu namanya),” kata Baharudin Bafa yang saat itu masih bekerja di Bagian Humas Setda Bangka.

Dia mengatakan, Pemkab Bangka sangat mengepresiasi dan penghargaan yang setingi-tingginya atas pengabdian almarhum baik sebagai Veteran Pejuang Kemerdekaan dan juga pensiunan PNS Pemkab Bangka.

“Dari data kami Dinsos Bangka setelah kepergian almarhum ini, masih tersisa satu orang lagi veteran yang ada di Kabupaten Bangka yakni tinggal di Kecamatan Riau Silip. Dari sebelumnya ada 16 veteran yang terdata resmi di kami,” ujar Mo sapaan akrabnya.

Namun kemarin, masih ada satu usulan kembali seorang veteran yang berasal dari Labu Kecamatan Puding Besar. Namun itu diakuinya tidak mudah butuh data dan survei yang lengkap untuk bukti data otentiknya.

Sementara itu Mayor (CZI)  Darmaji, Kakanminpedcat Kodim 0413 Bangka mengatakan, dengan meninggalnya HA Effendi Mattjik, BBA berarti khusus untuk veteran pejuang kemerdekaan RI saat ini sudah tidak ada lagi di Pulau Bangka.

"Beliau inilah veteran pejuang kemerdekaan RI yang terakhir yang ada di Pulau Bangka," kata Darmaji.

Diungkapkannya, saat ini yang tersisa di Kabupaten Bangka, yakni veteran pembela tanah air Indonesia atas nama Maidil, yang tinggal di Kecamatan Riau Silip.

"Sedangkan untuk veteran perdamaian yang tersisa di Kota Pangkalpinang ada 5-6 orang yang merupakan mantan anggota pasukan perdamaian PBB atau pasukan Garuda," ujarnya.

Diketahui, almarhum HA Effendi Mattjik, BBA, merupakan Veteran Pejuang Kemerdekaan RI, memiliki tanda jasa SLKS 22 Tahun, Medali Perjuangan Angkatan 45 dan Gelar Kehormatan Veteran Pejuang Kemerdekaan RI, meninggal dunia di umur 88 tahun pada Selasa (27/9/2022) pukul 11.30 WIB, di RSUD Depati Bahrin Sungailiat karena sakit.