Daerah

"Pelangi di Sumenep", Upaya KJS Merawat Kemajemukan

Oleh: Editor: 29 Sep 2022 - 00:22 Sumenep

KBRN, Sumenep: Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) bakal menyelenggarakan kegiatan "Pelangi di Sumenep" tahun 2022 dengan mengangkat kebudayaan tradisional dan keberagaman di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. 

Event dalam rangkaian momentum Hari Jadi Sumenep ke 753 tahun ini dijadwalkan terselenggara pada 23 Oktober 2022 mendatang. 

Ketua KJS Ahmad Sa'ie menjelaskan, "Pelangi di Sumenep" 2022 terdiri dari beberapa kegiatan, diantaranya Festival Busana Etnik, Festival Kuliner dan Stand Etnik serta Lomba Fotografi.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin menghadirkan miniatur Sumenep di satu titik, baik itu melalui desain busana maupun tampilan stand dan kuliner yang kami lombakan. Selanjutnya kami perkenalkan ke khalayak melalui karya fotografi," kata Ahmad Sa'ie, Rabu (28/9/2022).

Dijelaskan, kemajemukan sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari Kabupaten Sumenep. Sehingga semua pihak termasuk awal media memiliki tanggung jawab yang sama menjaga dan merawatnya. 

"Semangat kami, hubungan harmonis antarsuku di Sumenep yang telah terbangun sejak lama tidak luntur," tegasnya. 

Dari kegiatan tersebut, KJS berharap masyarakat Kabupaten Sumenep khususnya generasi muda bisa semakin mengenal jati diri dan keragaman daerahnya.

"Sasaran kita itu anak muda, biar mereka tahun bahwa Sumenep itu beragam baik dari agama, suku dan bahasa. Ini yang kita akan kenalkan," ucap Sa'ie.