• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Video Podcast

Pemda Dukung Program Kentongan Radio Tanggap Bencana

7 October
07:55 2019

KBRN, Lhokseumawe : Semua orang pasti mengenali kentongan yakni Alat Tradisional terbuat dari potongan bambu. Dalam bahasa lokal (Aceh) disebut Tok-tok yang lazim dibunyikan dengan Ritme ketukan berbeda sebagai pertanda akan terjadi atau telah terjadi peristiwa.

Sejak zaman dahulu masyarakat  Aceh sudah mengenal alat tradisional kentongan sebagai upaya mitigasi bencana, masing-masing nada pemukulan kentongan berbeda mengisyaratkan adanya peristiwa yang berbeda pula, seperti ritme nada perampokan ataupun kebakaran dan pencurian serta peristiwa bencana alam. Demikian dikatakan Komandan Tim Sar BPBD Aceh Utara Hasbullah,Ketika mengelar Simulasi mutigasi bencana dihalaman LPP RRI Lhokseumawe (Setember pekan lalu).

Selain mitigasi bencana bagi karyawan/ti, LPP RRI juga telah menjalin kerja sama Pemerintah Kabupaten dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara untuk melakukan penyadaran masyarakat akan pentingnya mitigasi bencana melalui peluncuran Program Kentongan Radio Tanggap Bencana.

Sebagai upaya mengedukasi publik menjadi masyarakat tangguh bencana. sigap menghadapi dan mengatasi bencana serta peduli lingkungan lounching Program Kentongan Radio Tanggap Bercana yang dikaitkan dengan kearifan lokal tersebut jadwal berlangsung pada pekan ini, tepatnya hari selasa (08/10/2019) didesa Buket Linteung kecamatan Langkahan Aceh Utara. (Zulfikri Pro 3 RRI Lhokseumawe)

Tentang Penulis

zulfikri yasin

< div kejur2an, Aneuk Nanggroe</div>

00:00:00 / 00:00:00