Daerah

Rakorda Pendataan Awal Regsosek Kabupaten Rote Ndao Resmi Digelar

Oleh: Editor: 28 Sep 2022 - 20:14 Kupang

KBRN, Rote : Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Daerah Setda Rote Ndao, Armis Saek, secera resmi membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kabupaten Rote Ndao, Graha Narwastu, Rabu, (28/9/2022).

Koordinasi untuk melaksanakan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosesk) diseluruh penjuru Rote Ndao, melalui rapat koordinasi daerah dengan tema mencatat untuk membangun negeri, satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Pada Kesempatan ini, Asisten 2 Setda Rote Ndao, Armis Saek, membacakan sambutan Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Regsosek ini merupakan buah dari perjuangan panjang yang telah kita lakukan bersama.

"Perjuangan untuk meyakinkan para pemimpin tertinggi kita, bahwa adalah suatu hal yang mendesak untuk bangsa kita memiliki data sosial ekonomi yang mencakup keseluruhan penduduk," ucap Asisten Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Setda Rote Ndao, Armis Saek.

Dikatakan lebih lanjut, Regsosek adalah bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial yang konsepnya telah dirancang oleh Bapenas sejak tahun 2020.

"Regsosek adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial," jelas Armis Saek.

Informasi yang komprehensif ini memungkinkan Regsosek menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program Pemerintah. (LA)