Daerah

Kepri Target 1 Juta Wisman Hingga Penghujung Tahun 2022

Oleh: Editor: 28 Sep 2022 - 20:14 Tanjungpinang

KBRN, Kepri : Pemerintah Propinsi Kepulauan Riau terus berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara berwisata ke Kepri.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Luki Zaiman Prawira optimistis angka kunjungan wisatawan mancanegara  ke daerah itu akan mencapai satu juta orang hingga akhir tahun 2022.

“ Apalagi jika dilihat dari  data Badan Pusat Statistik (BPS) selama periode Januari-Juli 2022, jumlah kunjungan wisman ke Kepri sudah mencapai 175 ribu orang” .Ungkapnya

Menurut Luki , Kunjungan wisman Kepri mulai menanjak sejak April, karena pada periode Januari-Maret masih lockdown sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 . Sehingga kunjungan wisman ke Kepri kembali menggeliat seiring membaiknya penanganan pandemi COVID-19.

"Kita yakin, jumlah wisman Kepri periode Agustus hingga Desember mampu memenuhi target 1 juta orang. Dengan rata-rata kunjungan per bulan sebanyak 100 hingga 200 ribu orang," ujar dia.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Kepri ini mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk mengejar target 1 juta wisman tersebut, antara lain menggelar kegiatan-kegiatan pariwisata khususnya bertaraf internasional, salah satunya Tour De Bintan atau ajang balap internasional terbesar Asia yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bintan pada 14-16 Oktober 2022.

Selain itu, giat promosi pariwisata Kepri ke luar negeri juga terus dilakukan melalui kerja sama di bidang pariwisata antarnegara, terutama dengan negeri jiran Singapura dan Malaysia yang menyumbangkan kunjungan wisman terbesar ke Kepri.

"Dalam waktu dekat, Pak Gubernur Ansar Ahmad akan menghadiri kunjungan acara tourism halal di Johor, Malaysia, sekaligus membicarakan kerja sama pariwisata. Demikian pula dengan Menteri Pariwisata Singapura," ujar Luki.