Kesehatan

Ombudsman Sultra Bersama Pemkot Kendari Susun Rencana Kerja

Oleh: Editor: 28 Sep 2022 - 20:16 Kendari

KBRN, Kendari : Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar penyusunan rencana kerja hingga empat tahun kedepan dalam rangka tindak lanjut pencegahan mal administrasi dan percepatan penyelesaian laporan mal administrasi dari masyarakat dilingkup pemkot Kendari.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sultra, Mastri Susilo mengatakan, rapat koordinasi tersebut dalam rangka menyusun rencana kerja bersama antara Ombudsman Sultra dan Pemkot Kendari sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepakatan antara Ombudsman RI dan Pemerintah Kota beberapa waktu lalu.

“jadi kegiatan ini menyusun rencana kerja untuk empat tahun kedepan hingga 2026, tadi disepakati beberapa kegiatan baik dalam hal pencegahan maladministrasi maupun dalam hal penyelesaian percepatan laporan di Ombudsman,” tutur Mastri Susilo di Kantor Ombudsman Perwakilan Sultra, Rabu (28/9/2022).

Menurut Mastri Susilo ada delapan poin penting yang di bahas dalam rencana kerja ini dan selanjutnya dalam waktu dekat akan ditandatangani oleh Wali Kota Kendari.

“diantaranya peningkatan kapasitas, pendampingan untuk penyusunan standar kekuasaan masyarakat, pengelolaan pengaduan, SPBE, penyelesaian laporan nara hukum antara pemda kota dengan Ombudsman, sharing informasi, kegiatan lain misalnya kita melakukan sidak bersama dengan pemkot kota,”jelasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Sekertaris Daerah (Sekda) kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, dalam penyusunan rencana kerja ini Ombudsman Sultra bertugas sebagai pengawas terhadap pelayanan publik yang diberikan Pemkot Kendari kepada masyarakat.

“sebab kita adalah pelayan sesuai dengan karakter bagi seseorang pamongpraja maka Ombudsman memberikan kita peringatan mana kala yang disebut seperti Maladministrasi, sehingga dalam penyelenggaraan tugas pokok kita sesuai harapan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutur Ridwansyah Taridala.

Pada rapat kerja ini turut di hadir sejumlah kepala opd lingkup pemkot Kendari.