Daerah

Tembakan Salvo Lepas Jenazah Veteran H A Effendi Mattjik, BBA

Oleh: Editor: 28 Sep 2022 - 21:01 Sungailiat

KBRN, Sungailiat : Tembakan Salvo iringi pelepasan jenazah Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) H A Effendi Mattjik, BBA, pada prosesi pemakaman secara militer bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Padma Satria Sungailiat, Rabu (28/9/2022).

Pemilik tanda jasa SLKS 22 Tahun, Medali Perjuangan Angkatan 45 dan Gelar Kehormatan Veteran Pejuang Kemerdekaan RI ini, diketahui meninggal dunia di umur 88 tahun pada Selasa (27/9/2022) pukul 11.30 WIB, di RSUD Depati Bahrin Sungailiat karena sakit.

Dandim 0413 Bangka diwakili Perwira Penghubung (Pabung) Letkol Arm Bontor Karo-Karo yang bertindak selaku Inspektur Upacara menyampaikan ucapan belasungkawa dan turut berduka cita atas kepergian Almarhum.

“Kita semua berkumpul di TMP Padma Satria untuk melaksanakan upacara pemakaman secara militer, sebagai perwujudan dari penghormatan dan penghargaan negara terhadap almarhum yang telah meninggalkan kita,” kata Pabung Bontor Karo-Karo, Rabu (28/9/2022).

Ia mengatakan, apa yang telah dilakukan almarhum sebelumnya, sebagai darma bakti yang telah disumbangkan kepada negara dan bangsa, patut menjadi suri tauladan kepada semuanya.

H. A Effendi Mattjik, BBA, Veteran Pejuang Kemerdekaan RI

“Oleh karena itu, marilah kita semua berlapang dada, untuk memaafkan segala kesalahan almarhum baik dalam pergaulan sehari-hari baik disengaja maupun tidak sengaja,” ujar Pabung.

Sementara Perwakilan Keluarga, Medi Umari yang juga merupakan anak almarhum menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua yang telah terlibat dalam membantu semua proses dari awal kemarin hingga jenazah dimakamkan hari ini.

“Alhamdulillah hari ini kita semua bisa menghadiri proses pemakaman ayahanda kami H.A Effendi Mattjik yang telah meninggalkan kita semua, kami ucapkan terima kasih atas semua bantuan yang diberikan kepada kami pihak keluarga hingga selesainya proses pemakaman ini,” ucapnya.

Almarhum diketahui, Pria kelahiran Lahat 22 Agustus 1934, merupakan Veteran Pejuang Kemerdekaan RI dengan jabatan terakhir Sekretaris LVRI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sedangkan Kesatuan Terakhir LVRI Babel. Pendidikan Umum, Akademi  Administrasi Negara (AAN) dan Pendidikan Militer Anggota Tentara Pelajar Tebing Tinggi dan Pagar Alam.

Almarhum meninggalkan 1 orang istri, 6 orang anak dan 20 cucu serta 2 orang cicit. Alamat rumah duka, Jalan Imam Bonjol No 106 Sungailiat Bangka, bersebelahan dengan SDN 25 Sungailiat.