Daerah

Rekrutmen Panwascam Mamuju, Enam Kecamatan Berpotensi Perpanjangan Masa Pendaftaran

Oleh: Editor: 28 Sep 2022 - 21:03 Makassar

 KBRN, Mamuju : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) secara resmi menutup pendaftaran rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Mamuju yang telah dilakukan selama sepekan sejak 21 September hingga 27 September 2022.

Sebanyak 222 orang telah melakukan registrasi pendaftaran yang tersebar di 11 kecamatan yang ada di Mamuju. Berdasarkan pedoman rekrutmen yang diberlakukan Bawaslu, jumlah keterwakilan perempuan dari total pendaftar disetiap kecamtan sebanyak 30 persen.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mamuju, Rusdin mengungkapkan atas pedoman tersebut dan hasil konsultasi dengan komisioner Bawaslu RI, maka sebanyak enam kecamatan berpotensi diperpanjang masa pendaftaran yang akan di tetapkan pada 1 Oktober 2022 mendatang.

“Dari hasil konsultasi dengan Komisioner Bawaslu RI, Pak Herwin maka enam kecamatan berpotensi dilakukan perpanjangan dikarenakan belum memenuhi total 30 persen dari jumlah pelamar,” ungkap Rusdin. Rabu (28/9/2022)

“Keterwakilan perempuan untuk kecamatan Bala-balakang baru 14 persen, Bonehau 17 persen, Kalukku 20 persen, Mamuju 22 persen, kalumpang 18 persen, dan Papalang 11 persen,” jelasnya.

Tahapan perpanjangan pendaftaran akan dilakukan selama 7 hari di jam kerja, yaitu pada tanggal 2 hingga 8 oktober mendatang.

“Jika nantinya setelah perpanjangan pendaftaran masih tidak memenuhi ambang batas keterwakilan perempuan 30 persen, maka Bawaslu selaku panitia rekrutmen akan tetap melanjutkan ke tahapan selanjutnya,” papar Ketua Bawaslu Mamuju itu.

Setelah masa pendaftaran, panitia akan melakukan penelitian berkas administrasi pendaftar, kemudian pengumuman hasil verifikasi berkas pendaftar sekaligus menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat terkait nama-nama yang dinyatakan lolos verifikasi