Kesehatan

Legislator: Reformasi Agraria Harus Menyasar kepada Masyarakat Membutuhkan

Oleh: Editor: 28 Sep 2022 - 21:10 Pusat Pemberitaan

KBRN, Jakarta: Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengatakan, reforma agraria harus benar-benar menyasar kepada masyarakat. Mengingat selama ini mereka membutuhkan lahan, ladang, atau sawah agar tidak terjadi ketimpangan. 

"Harus kita akui saat ini memang banyak terjadi ketimpangan. Serta ketidakadilan dalam penguasaan akses tanah," kata Jazilul kepada wartawan, Rabu (28/9/2022). 

Lebih jauh, Ia mengungkapkan, berbagai permasalahan pertanahan, lahan, dan sawah masih kerap terjadi. Ia berharap, agar masalah terkait pertanahan yang selama ini menimpa rakyat kecil segera berakhir.

"Jadi mereka harus diberi keadilan dalam penguasaan lahan. Ini menyangkut hajat hidup manusia," ujarnya. 

Jazilul menyebut, MPR dengan tegas mendukung adanya reforma agraria. Sebab 1 persen dari sekelompok masyarakat hanya mampu menguasai 68 persen akses pertanahan di Indonesia.

Padahal, dalam mandat bangsa Indonesia disebutkan akan menciptakan tatanan masyarakat yang adil dan sejahtera. Untuk itu, reforma agraria harus menjadi langkah awal dalam menunjukkan keberpihakan kepada rakyat kecil, terutama kaum tani.

"Petani kita banyak yang memiliki akses tanah yang tidak memadai. Padahal itu untuk menopang kehidupan mereka," katanya.