Daerah

Dinas Pertanian Bateng Gelar Bimtek Pengolahan Pakan Ternak

Oleh: Editor: 28 Sep 2022 - 21:14 Sungailiat

KBRN, Bangka Tengah : Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah menggelar Bimbingan Teknis Pengolahan Pakan Ternak Kelompok Tani Penerima Bantuan Bank Pakan APBN Tahun 2022.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, mengatakan jika pembangunan pertanian utamanya sub sektor peternakan, berkontribusi dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui penyediaan protein hewani asal ternak. Penyediaan protein hewani harus diikuti oleh peningkatan populasi ternak dan peningkatan produksi pakan dalam memenuhi kebutuhan ternak.

Sebagai informasi, di Kabupaten Bangka Tengah populasi ternak setiap tahunnya meningkat. Salah satu contohnya adalah ternak sapi dari populasi 5.660 ekor (data statistik pertanian 2020) menjadi 6.330 ekor (data statistik peternakan 2021).

Namun itu belum diikuti ketersediaan pakan tambahan untuk memenuhi kebutuhan ternak yang ada, sehingga banyak mengambil dari luar Bangka Tengah, salah satu contohnya pakan konsentrat.

Pakan merupakan bagian terpenting dalam usaha peternakan, selain untuk pemenuhan hidup pokok ternak dan berproduksi (menghasilkan produk susu, daging, anak), pakan juga berperan untuk memelihara daya tahan tubuh dan kesehatan.

Agar ternak dapat tumbuh sesuai yang diharapkan, jenis pakan yang diberikan pada ternak harus tercukupi baik jumlah maupun kandungan gizinya. Hampir 70 persen kesukseskan program peternakan tergantung kesiapan atau ketersediaan pakannya.

"Ketersediaan pakan yang cukup sepanjang tahun dengan harga terjangkau diharapkan dapat mendukung pencapaian efisiensi dan efektivitas, karena biaya penyediaan pakan merupakan komponen terbesar dari total pembiayaan dalam satu usaha peternakan," kata Bupati Algafry, di Koba, Rabu (28/9/2022).

Berbagai upaya telah dilakukan dalam usaha memenuhi kebutuhan pakan di Kabupaten Bangka Tengah mulai dari kegiatan Pengembangan Hijauan Pakan Ternak sampai dengan pengadaan Bank Pakan bantuan dari Kementerian Pertanian.

Bank Pakan merupakan upaya untuk mengumpulkan dan menyimpan sumber pakan ternak dengan tujuan pakan yang tersimpan tersebut dapat memenuhi kebutuhan pakan secara kontinyu baik kualitas maupun kuantitas. Bank pakan diberikan kepada 3 (tiga) kelompok berupa bangunan gudang pakan, alat dan mesin pembuatan pakan, mesin jahit karung, karung sampai instalasi listrik.

Oleh karena itu, Bank Pakan dibangun untuk menjamin ketersediaan pakan ternak sepanjang tahun dan diharapkan dapat meningkatkan semangat peternak dalam membuat pakan untuk memenuhi kebutuhan pakan di Kabupaten Bangka Tengah.

"Ikutilah bimbingan teknis ini dengan sebaik-baiknya karena pelatihan ini nantinya akan sangat berguna untuk ke depannya. Saya berharap semoga bimbingan teknis ini bisa bermanfaat dan bantuan yang diberikan dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya. (*)