Bisnis

Rekrutmen Panwascam Pemilu 2024 di Jember Tembus 637 Pendaftar

Oleh: Editor: 28 Sep 2022 - 23:06 Jember

KBRN,Jember: Hingga penutupan, Selasa (27/9/2022), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember menerima total 637 pendaftar bakal calon Pengawas Pemilu Kecamataan (Panwascam) untuk Pemilu Serentak 2024.

Dari total ratusan pelamar itu rinciannya ada sebanyak 493 pendaftar laki-laki dan 144 orang perempuan.

Kendati demikian, dari hasil rekapitulasi pihak Bawaslu hingga hari penutupan pendaftaran, tercatat masih ada 3 kecamatan di Kabupaten Jember yang dinyatakan belum memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan.

"Tiga kecamatan itu diantaranya Tempurejo, Ledok ombo dan Sumberjambe," ujar Komisioner Devisi SDM dan Organisasi Bawaslu Jember, Andika Firmansyah kepada RRI, Rabu (28/9/2022).

Menurut Andika, pihaknya memiliki waktu 3 hari kedepan untuk melakukan verifikasi kelengkapan berkas dari para pendaftar yang diterima pihak Bawaslu.

"Mulai tanggal 28 sampai 31 September kita lakukan penelitian atas kelengkapan berkas dari para calon panwascam yang kami terima, termasuk juga meneliti kembali apakah masih ada kecamatan lain yang belum terpenuhi 30 keterwakilan perempuan," jelasnya.

Tahapan selanjutnya, pihak Bawaslu akan mengumumkan hasil dari verifikasi kelengkapan berkas dari seluruh calon pelamar yang masuk termasuk dengan jumlah keterwakilan perempuan untuk masing-masing kecamatan.

"Saat pengumuman nanti kita juga akan memutuskan untuk dilakukan perpanjangan selama 7 hari bagi kecamatan yang keterwakilan perempuan tidak terpenuhi, perpanjangan khusus bagi pendaftar perempuan saja," pungkasnya. (gl/dyt)