Daerah

Oktober 2022, ASN Provinsi Jambi Wajib Beli Beras Lokal

Oleh: Editor: 28 Sep 2022 - 23:07 Jambi

KBRN, Jambi : Pemerintah provinsi Jambi pada Oktober mendatang akan memberlakukan bagi ASN lingkup provinsi Jambi untuk membeli beras lokal. Upaya ini dilakukan menyikapi tingginya harga beras jenis premium saat ini, yang dikhawatirkan berdampak pada capaian inflasi Jambi.

Kepala Biro Perekonomian Setda provinsi Jambi Johansyah menyebutkan pemerintah tidak bisa mengintervensi harga beras premium yang tinggi, untuk itu pemerintah menetapkan langkah-langkah , diantaranya mewajibkan ASN membeli beras lokal dan Bulog.

"Kita harus punya strategi, karena yang banyak beredar itu jenis merk Belido, Anggur dan lainnya  tidak bisa diintervensi, maka Oktober seluruh ASN diwajibkan beli beras lokal dan Bulog sehingga mereka yang memakai beras premium bisa ikut program pemerintah karena di gaji ASN ada tunjangan beras maka diarahkan beli beras lokal, " kata Johansyah, Rabu (28/9/20222).

Saat ini kata Johansyah, sudah ada dua kabupaten yang sudah dikomunikasikan, yakni Tanjung jabung Timur dan Kerinci,sedang Kabupaten kota lain akan menyusul. " SE Gubernur mengenai hal ini sudah dikeluarkan dan diharapkan nanti dapat diterapkan oleh ASN seluruh provinsi Jambi, " pungkasnya.

Pihaknya menghimbau kepada distributor beras agar mentaati HET beras jenis premium yang ditetapkan. "Kita juga menghimbau kepada distributor , HET nya sudah ada yakni Rp.13.300 harusnya mereka lihat standar itu karena sudah dikomunikasikan dengan Dirkrimsus Polda Jambi kita tidak bisa menindak," pungkasnya.